IKLAN YARA

Aceh Barat Uji Pengaliran Sistem Jaringan Irigasi Lhok Guci

oleh -32.579 views
Aceh Barat Uji Pengaliran Sistem Jaringan Irigasi Lhok Guci
Foto istimewa
Penulis: Rico
Editor: Sumardi

 GOOGLE NEWS

Meulaboh | Realitas – Bupati Aceh Barat diwakili Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Barat, Nyak Na, , SE, M. Dev., melakukan uji pengaliran (Running Test) Sistem Jaringan Irigasi di bendungan Lhok Guci kecamatan pante cermin Kabupaten Aceh Barat pada Selasa (13/9/2022).

Kegiatan Running Tes ini dilakukan bersama Kasubdit wilayah I, Direktorat Irigasi dan Rawa Ditjen SDA Kementerian PUPR RI, Parlinggoman Simanungkalit, S.T.,MPSDA dan Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera-I Kementerian PUPR, Heru Setiawan, ST., M.Eng .

Irigasi Lhok Guci ini merupakan Proyek Strategis Nasional Provinsi Aceh yang di bangun di areal potensial persawahan yang ada di Kabupaten Aceh barat.

BACA JUGA :   Plt Sekda Langsa Jadi Pembina Upacara Dalam Peringati Hari Guru Nasional

Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Barat Nyak Na, menyampaikan uji pengaliran sistem jaringan irigasi ini bertujuan untuk memastikan pembangunan irigasi Lhok Guci dapat segera diselesaikan dan manfaatnya bisa di rasakan oleh petani maupun seluruh masyarakat Aceh Barat.

“Pemkab Aceh Barat mendukung penuh proyek strategis nasional Irigasi Lhok Guci ini dan diharapkan pembangunannya dapat tuntas sepenuhnya pada tahun 2024 mendatang.

Untuk itu, pihaknya terus mendorong percepatan pelaksanaan lahan untuk kepentingan irigasi Lhok Guci dengan mengacu pada ketentuan yang berlaku,”ujar Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Barat, Nyak Na.

“Pembangunan irigasi lhok guci yang diikuti dengan pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi, diharapkan dapat menunjang produktivitas sentra-sentra pertanian, sehingga memberikan dampak positif bagi peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,”jelasnya.

Disamping itu, untuk menjaga luas area irigasi Lhok Guci sebagai lahan persawahan. Pemerintah Kabupaten Aceh Barat sendiri telah mengeluarkan keputusan Bupati terkait pengalihan fungsi lahan, yang mana lahan untuk area irigasi Lhok Guci tidak boleh di gunakan untuk fungsi lahan lain seperti sawit.

BACA JUGA :   Muslim A Gani Advokat : Kami Bersumpah Jika Ketua HMI Langsa di Polisikan Kami Akan Intervensi"

Ia menambahkan, Sampai tahun 2022 ini irigasi Lhok Guci telah di fungsikan untuk mengaliri 1.800 hektar lahan. Jika telah berfungsi sepenuhnya, jaringan irigasi Lhok Guci diharapkan dapat mengairi seluas 18 ribu hektar lebih area persawahan di Kabupaten Aceh Barat sehingga petani bisa mengembangkan dan meningkatkan produksi pertanian.

“Mohon dukungan dari semua pihak agar segala hambatan yang ada bisa segera di selesaikan, sehingga pembangunan irigasi Lhok Guci bisa segera rampung sesuai target yang telah di tetapkan,” pungkasnya. (*)