Prediksi Portugal vs Ghana, Grup H Piala Dunia 24 November 2022

oleh -160.579 views
Portugal vs Ghana

REALITAS – Prediksi Portugal vs Ghana, Portugal akan melakoni pertandingan pembuka Grup H di Piala Dunia 2022, pada Kamis 24 November pukul 23.00 WIB, di Stadion 974, Doha, Qatar. Live streaming Portugal vs Ghana siaran langsung melalui SCTV dan Moji TV.

Dalam laga ini bisa saja menjadi ajang pembuktian bagi bintang Seleccao das Quinas, Cristiano Ronaldo. Menarik dinanti bagaimana performa pemain berusia 37 tahun itu, apakah mampu menembus starter atau malah diparkir di bangku cadangan seperti di Manchester United.

Semua mata bisa jadi bakal fokus terhadap CR7 dalam pertandingan Portugal vs Ghana kali ini. Terang saja, lantaran salah satu bintang terbaik dunia tersebut saat ini tengah memasuki fase yang tidak mengenakkan di penghujung karirnya.

Sejak masuknya Erik ten Hag sebagai pelatih Manchester United, Cristiano Ronaldo tampaknya sudah tak mendapatkan tempat dalam starting eleven di MU. Musim ini khusus di Premier League (EPL), Ronaldo hanya turun sebanyak 10 kali, dengan 6 di antaranya sebagai pemain pengganti. Padahal pada musim sebelumnya Ronaldo sangat diandalkan, ia bermain dalam 30 laga dengan torehan 18 gol dan 3 assists.

Jumlah itu menurun drastis mulai musim 2022/2023. Ronaldo total hanya bermain di 520 menit, alias 52 menit per laga. Imbasnya, secara kontribusi ia juga tak bisa maksimal. Hal itu terlihat dengan torehan hanya 1 gol yang ia buat.

Tentunya menarik dinanti apakah Fernando Santos selaku pelatih Timnas Portugal bakal memberi perlakuan yang sama kepada Ronaldo.

Namun jika melihat gelagatnya, Santos tampaknya tak akan melakukan hal serupa. Hal itu bisa dibaca dari statistik Ronaldo ketika membela Timnas Portugal.

Di kompetisi UEFA Nations League, Ronaldo memainkan 5 dari 6 laga, dengan jumlah 388 menit atau rata-rata 77 menit per laga. Ronaldo mengganjarnya dengan kontribusi 2 gol dan 1 assist. Sedangkan saat laga pemanasan terakhir Timnas Portugal kontra Nigeria, Ronaldo tak diturunkan bukan karena masalah performa, tapi lebih kepada menjaga kebugaran.

Secara umum, skuad Portugal masih berharap banyak kepada Ronaldo di Piala Dunia 2022. Terlebih posisi CR7 adalah sebagai kapten timnas, sehingga kontribusinya tentu sangat ditunggu.

“Dari apa yang saya lihat di sesi latihan, ia (Ronaldo) berada dalam kondisi yang sangat bagus. Jika kami bisa membantunya, kami tahu ia bisa menjadi pemain yang fenomenal,” ucap salah seorang gelandang Portugal, Ruben Neves, seperti dikutip Tirto.id dari laman resmi FIFA.

Di sisi lain, Timnas Ghana tentu harus memahami situasi yang tengah berkembang. Jika mendapat kepercayaan pelatih untuk diturunkan, sudah pasti Ronaldo bakal memberikan segalanya di atas lapangan. Terlebih edisi kali ini hampir pasti bakal jadi Piala Dunia terakhir bagi CR7.

Otto Addo selaku pelatih Timnas Ghana meyakini bahwa timnya bakal sulit bersaing di Grup H, jika mereka tak mampu menunjukkan performa terbaik.

“Kami berada 1 grup dengan 3 tim yang hebat. Jika kami tam menunjukkan performa bagus, kami akan sulit bersaing. Terutama karena Portugal, Uruguay, dan Korea Selatan adalah tim yang punya kualitas bagus baik di dalam maupun di luar lapangan,” ujar Addo.

Melihat situasi yang ada, Santos kemungkinan besar bakal menurunkan Ronaldo sejak awal jika tak mengalami masalah kebugaran. Ronaldo bisa menjadi berbahaya dengan dukungan pemain seperti Bruno Fernandes dan Bernardo Silva.

Sedangkan Ghana berpeluang tetap mengandalkan Jordan Ayew dan Andre Ayew. Addo juga bertumpu kepada beberapa pemain lainn yang berkarir di Liga Inggris (EPL), seperti: Thomas Partey, Tariq Lamptey, Daniel Amartey, Mohamed Salisu, dan Jordan Ayew.

Portugal dan Ghana sempat berjumpa di fase grup Piala Dunia 2014. Portugal saat itu menang dengan skor 2-1. Seleccao unggul lebih dahulu berkat gol bunuh diri John Boye menit 30. Ghana lantas menyamakan skor lewat Asamoah Gyan menit 57. Lalu gol kemenangan Portugal dicetak Ronaldo ketika waktu normal menyisakan 10 menit.

Dalam pandangan kami, A Selecção mungkin akan menggunakan formasi 4-2-3-1 untuk yang satu ini, menggunakan Diogo Costa, Joao Cancelo, Danilo Pereira, Ruben Dias, Nuno Mendes, Rúben Neves, William Carvalho, Bernardo Silva, Bruno Fernandes, Rafael Leão dan Cristiano Ronaldo.

Kami cenderung berpikir bahwa Bintang Hitam kemungkinan besar akan memilih barisan 4-2-3-1, mulai dari Lawrence Ati, Denis Odoi, Daniel Amartey, Alexander Djiku, Abdul-Rahman Baba, Daniel-Kofi Kyereh, Thomas Partey, Kamal-Deen Sulemana, Mohammed Kudus, Jordan Ayew and Iñaki Williams.

Kami percaya bahwa Portugal mungkin akan dapat mencetak gol ketika mereka melawan Ghana, yang tidak akan mudah mencetak gol sendiri.

Pilihan kami di sini adalah untuk kemenangan 2-0 yang cukup nyaman untuk Portugal secara penuh.(red)

Hasil Pertemuan Terakhir Portugal vs Ghana:
26-06-2014: Portugal vs Ghana 2-1

Hasil 5 Pertandingan Terakhir Portugal:
17-11-2022: Portugal vs Nigeria 4-0
27-09-2022: Portugal vs Spanyol 0-1
24-09-2022: Republik Ceko vs Portugal 0-4
12-06-2022: Swiss vs Portugal 1-0
09-06-2022: Portugal vs Republik Ceko 2-0

Hasil 5 Pertandingan Terakhir Ghana:
17-11-2022: Swiss vs Ghana 0-2
27-09-2022: Nikaragua vs Ghana 0-1
23-09-2022: Brasil vs Ghana 3-0
23-08-2022: Qatar vs Ghana 2-1
14-06-2022: Chile vs Ghana 0-0, adu penalti 1-3

Prediksi Pemain Portugal vs Ghana

Portugal (4-1-4-1): Rui Patricio; Joao Cancelo, Ruben Dias, Pepe, Raphael Guerreiro; William Carvalho; Joao Mario, Bruno Fernandes, Bernardo Silva, Rafael Leao; Cristiano Ronaldo. Pelatih: Fernando Santos

Ghana (4-2-3-1): Lawrence Ati-Zigi; Tariq Lamptey, Daniel Amartey, Mohamed Salisu, Baba Rahman; Thomas Partey, Elisha Owusu; Abdul Fatawu Issahaku, Kamaldeen Sulemana, Jordan Ayew; Andre Ayew. Pelatih: Otto Addo

Prediksi Skor Portugal vs Ghana: 2-0

editor : Wahydi
sumber : tirto