IKLAN YARA

Unsam Adakan Kegiatan Pembinaan UKM di Sidorejo Kota Langsa

oleh -15.489 views
Unsam Adakan Kegiatan Pembinaan UKM di Sidorejo Kota Langsa
UPDATE CORONA

Langsa I Realitas  – Universitas Samudra (Unsam) mengadakan kegiatan pembinaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Gampong Sidorejo Kota Langsa.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Matching Fund 2021 yang didanai oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan tema kegiatan yaitu “Pengembangan Perekonomian Desa Melalui Upgrade Peran BUMG EMAS”.

Kegiatan ini berlangsung pada 11-13 Oktober 2021 di Gp.Sidorejo. Universitas Samudra dipercayai pemerintah dalam membantu mewujudkan “Desa Emas” di Kota Langsa.

Tim Maching Fund terdiri dari Dr.RiniMastuti, S.P.,M.P (Ketua),  Dr. Muhammad Fuad, M.M, serta M. Asril selaku Direktur BUMG Gp. Sidorejo, Kota Langsa.

Kegiatan work shop UMKM Rumah Bordir di Gp. Sidorejo ini juga melibatkan lima mahasiswa/i dan satu Alumni Universitas Samudra.

Para mahasiwa/i yang terlibat adalah Yusril Ihza Mahendra, Ragil Andika Johan, Maulidal Khairi, Zeta Novia, dan Nasrina. Alumni yang diikut sertakan yaitu Natasya, S.P

BACA JUGA :   Kapolda Ajak Masyarakat Bantu Tingkatkan Capaian Vaksinasi di Aceh

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, para peserta pelatihan yang merupakan pelaku UMKM bordir mendapatkan fasilitas lengkap, mulai dari alat tulis, gunting, bahan kain,benang, Karbon Bordir, dll.

Para peserta juga mendapatkan pembinaan langsung selama tiga hari kegiatan oleh Expert Mentor yang telah puluhan tahun berkecimpung sebagai wirausaha di bidang bordir.

“Kami sadar bahwa pelaku UMKM harus bisa mendapat fasilitas yang optimal salah satunya dengan menghadirkan mentor yang juga ahli dalam bidang bordir.

Harapannya adalah dengan kehadiran bapak Haitami selaku mentor dapat membuat ibu-ibu UMKM rumah border Desa Sidorejo menjadi lebih percaya diri dengan karyanya dan dapat membantu mewujudkan Desa Sidorejo menjadi “Desa Emas” melalui UMKM bordir yang sudah mendapat fasilitas pembinaan seperti cara mendesain yang baik secara step-by step membuat sketsa yang rapi untuk dapat diajukan hak paten, dan sebagainya”, ucap Dr. RiniMastuti, M.P. kepada awak media, (Sabtu 30/10/2021) yang juga selaku Ketua tim program Matching Fund ini saat ditemui pada acara penutupan kegiatan pelatihan UKM bordir tanggal 13 Oktober 2021.

BACA JUGA :   Ormas Politik Projo dan LSM Tanyakan Rekrutmen Pegawai Kontrak Baru

“Para mahasiswa universitas Samudra patut dia presiasi juga karena berperan penting dalam program pembinaan  UMKM bordir ini utamanya membantu dalam banyak gagasan seperti dokumentasi kegiatan, pembuatan website, laporan kegiatan, dan lain-lain, ” lanjut Dr. Rini Mastuti, M.P. ” Harapannya adalah bahwa program ini dapat terus berjalan dengan baik dan didukung penuh oleh pemerintah dan kementrian karena kami melihat ada potensi yang sangat besar dari UMKM bordir ini kedepan nya.”

BACA JUGA :   Aceh Singkil Genjot Capaian Vaksin PNS di Razia

Asril selaku Ketua BUMG Gp. Sidorejo Kota Langsa menyatakan bahwa apa yang dilakukan kepada UMKM border ini sangat baik, bukan hanya dalam pengembangan keterampilan para pelaku UMKM ini, tapi juga perkembangan mindset mereka.

“Harapan kami, juga semoga Bu Rini dan Pak Fuad serta para Mahasiwa dan Alumni yang terlibat dapat terus bekerjasama dengan kami dalam upaya pengembangan keterampilan mereka dan juga perkembangan mindset mereka.

Melalui upaya ini diekspektasikan cita-cita go-nasional, bahkan mungkin go-internasional, atas berbagai produk yang dihasilkan oleh UMKM Bordir ini menuju penciptaan ‘Desa Emas’ Gp. Sidorejo Kota Langsa – Aceh ini,” pungkasnya. (red)