IKLAN YARA

Pemanfaatan Cangkang Kerang Sebagai Bahan Baku Cat Kapur

oleh -35.489 views
Pemanfaatan Cangkang Kerang Sebagai Bahan Baku Cat Kapur
UPDATE CORONA

Langsa I Realitas – Pemanfaatan Cangkang Kerang Sebagai Bahan Baku Cat Kapur.

Universitas Samudra melaksanakan pengabdian masyarakat di Gampong Kuala Langsa Kecamatan Langsa Barat, Selasa (26/08/2021).

Kegiatan tersebut, dilaksanakan atas kolaborasi antara Dosen Fakultas Hukum dan Fakultas Teknik.

Kegiatan tersebut bertema “Pemanfaatan cangkang kerang sebagai bahan baku cat kapur”, dalam pelaksanaan ketuai oleh Rini Fitriani, SH,MH dengan anggota Dr. Zulfiani. SH,MH dan Ellida Novita L,.ST,M.Eng.

Pengabdian dilaksanakan bertujuan untuk memberikan alternatif agar dapat memproduksi dinding, dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada disekitarnya menjadi bahan baku untuk pembuatan kucing.

Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di Aula Kantor Geuchik Gampong Kuala Langsa mulai Pukul 09.00 WIB Sampai selesai, dengan antusias Masyarakat dan dukungan Aparatur Gampong hingga kegiatan Pengabdian terlaksana dengan sempurna.

Pemanfaatan Cangkang Kerang Sebagai Bahan Baku Cat Kapur

BACA JUGA :   Geger Tengkorak Manusia Ditemukan di Kebun Karet Warga Langsa Baro

Dalam pelaksanaan pengabdian, Ellida Novita L,.ST,M.Eng yang merupakan Dosen Fakultas Teknik, menjelaskan penjelasan proses pembuatan cat kapur secara rinci kepada masyarakat, dengan memperkenalkan bahan-bahan campuran yang nantinya masyarakat mudah mendapatkannya.

Karena cangkang kerang yang ada selama ini tidak dimanfaatkan hanya sebagai limbah.

Padahal dalam cangkang terbentuk dari kapur dan sedikit silika seperti pada semen. Jadi memiliki kemampuan mengikat yang tinggi jika dicampur dengan udara.

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan pengolahan limbah cangkang kerang menjadi cat dinding.

Cat dinding yang dihasilkan merupakan cat dinding yang alami dan ramah lingkungan, pemanfaatan limbah cangkang yang tak terkira jumlahnya sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat dengan menggunakan produk sendiri dari bahan yang tersedia disekeliling masyarakat dan bisa menjadi tambahan pendapatan bagi masyarakat Gampong Kuala Langsa bersama BUMG mengembangkan usaha pembuatan cat kapur yang dapat dipasarkan di wilayah Kota Langsa.

Selain itu, menjaga kelestarian lingkungan dari limbah cangkang yang menumpuk, Ujar Pengabdian Rini Fitriani, SH,MH.

seterusnya dr. Zulfiani. SH,MH mengatakan kegiatan ini selain dapat memberikan ilmu tambahan bagi masyarakat, juga dapat menciptakan lapangan kerja baru, dengan membangun pemanfaatan limbah cangkang kerang sebagai Bahan Baku Cat Kapur. (*)

BACA JUGA :   Polisi Tangkap 3 Orang Diduga Terlibat Jual Beli Judi Online Chip