IKLAN YARA

Universitas Samudra Laksanakan Pengabdian Kemasyarakatan

oleh -70.489 views
Universitas Samudra Laksanakan Pengabdian Kemasyarakatan
UPDATE CORONA

Langsa I Realitas – Universitas Samudra Laksanakan Pengabdian Kemasyarakatan, di Gampong bayeun, kecamatan rantau selamat, Kabupaten Aceh Timur, Sabtu , (28/08/2021).

Pengabdian Masyarakat yang dilaksanan oleh Universitas Samudra Langsa Mengangkat Tema “Penerapan Iptek Produksi Pakan Ikan”.

Kegiatan ini berfokus pada proses pembesaran dan pemasaran ikan lele. Kegiatan tersebut, diketuai oleh Dr. Rini Mastuti, M.P. Dosen pada Prodi Agribisnis dan dibantu oleh dua anggota masing-masing Dr. Muhammad Fuad, S.E., M.M. dari Prodi Manajemen dan Muhammad Fauzan Isma, S.Pi., M.Si. dari Prodi Budidaya Perairan. Dan juga dihadiri oleh Koordinator Pengabdian Masyarakat Dr. Hanafiah, M.Pd.

BACA JUGA :   Abu Alex Minta Usman Abdullah, Laporkan Janda Yang Mengaku Pernah Tidur di Pendopo Ke Polisi

Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan kepada kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) “Tiara Jaya”, melihat adanya kendala tentang pakan ikan, persoalan pakan ikan lele yang selama ini lebih menggunakan pakan pellet.

Harga pellet yang semakin mahal menyebabkan biaya produksi meningkat, namun harga jual ikan lele di pasar menurun, sehingga terjadi penurunan nilai keuntungan yang diperoleh.

BACA JUGA :   Polisi Tangkap 3 Orang Diduga Terlibat Jual Beli Judi Online Chip

Untuk memberi solusi atas permasalahan tersebut Pihak-Nya mengajari cara pembuatan pakan ikan secara mandiri, dengan bungkil kedelai, tepung jagung, tepung ikan, dedak bekatul, tepung tapioka, minyak ikan, mineral, vitamin, serta bungkil kelapa sawit. Ujar Rini Mastuti.

Melalui transfer teknologi dan ilmu tersebut, Pokdakan telah bisa memproduksi pakan ikan lele secara mandiri dengan penghematan biaya produksi mencapai 30 persen.

Program yang dilakukan adalah Transfer teknologi oleh Tim PKM berupa mesin produksi pellet ikan lele sederhana menggunakan tenaga mesin diesel.

Mesin produksi mandiri ini bisa menghasilkan pakan dengan biaya ekonomis.

Melalui kegiatan PKM ini membantu Pokdakan “Tiara Jaya” lebih mampu bertahan menghadapi dampak ekonomi pandemic saat ini dan menjadi mandiri dalam bersaing di pasar. Tutup Rini Mastuti. (*)