IKLAN YARA

Tim Matching Fund Unsam Dampingi BUMDes Emas Sidorejo

oleh -30.489 views
Tim Matching Fund Unsam Dampingi BUMDes Emas Sidorejo
UPDATE CORONA

Langsa I Realitas – Demi menjalankan Program Matching Fund, Ketua tim Dr Rini Mastuti, SPt, MP, menyebutkan pendampingan BUMDes ini merupakan program Matching Fund.

Universitas Samudra atau Unsam melakukan pendampingan Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes Emas Gampong Sidorejo, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa.

Ketua tim, Dr Rini Mastuti, SPt, MP, kepada awak media, Kamis (28/10/2021), menyebutkan pendampingan BUMDes ini merupakan program Matching Fund.

Artinya bentuk nyata dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Tujuannya penciptaan kolaborasi dan sinergi strategis antara Insan Dikti (lembaga perguruan tinggi) dengan pihak Industri.

Program Maching Fund juga berkolaborasi antara Kemendikbud (industri kampus) dengan Kemendes (BUMDes) yang dikemas dalam satu platfom baru, yaitu Kedaireka.

BACA JUGA :   Polda Aceh Ungkap Peredaran 133 Kg Sabu Jaringan Indonesia-Malaysia

Kedaireka adalah Kedaulatan Indonesia dalam Reka Cipta untuk pengembangan serta upaya revitalisasi BUMDes.

Di samping itu peran perguruan tinggi dalam mendampingi BUMDes memberikan manfaat bagi dosen untuk berperan aktif dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sementara bagi mahasiswa program ini bertujuan mengembangkan softskill dan hardskill mahasiswa di Dunia Usaha dan Industri (DUDI).
“Sehingga nantinya mahasiswa mampu menjadi lulusan yang berkualitas,” sebut Dr Rini Mastuti yang juga Dosen Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Unsam ini.

Dia menambahkan, pendampingan yang dilakukan untuk BUMDes Emas Gampong Sidorejo ini seperti SOP Bisnis border, Bisnis Model Canvas, dan Digital Marketing.

BACA JUGA :   Youtuber Langsa Dicambuk 17 Kali, Hampir Pingsan Dengan 9 Cambukan

Dengan demikian BUMDes Emas itu dapat mengembangkan kemampuan masyarakat dalam menumbuhkan ekonomi kreatif.

Menurut Dr Rini, sebelumnya Kampus Universitas Samudra berhasil meraih prestasi membanggakan melalui program Maching Fund Ini.

Keberhasilan ini diraih oleh tim Universitas Samudra dan Tim BUMG, Tim Universitas Samudra diketuai Dr. Rini Mastuti, SPt., MP (Dosen Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Unsam.

Sedangkan tim dosen, yaitu Dr Muhammad Fuad, SE, MM dari Prodi Manajemen beserta tim mahasiswa yang berasal dari program studi berbeda.

Mereka adalah Nasrina, Zeta Novia Ramadhani dan Mukti Hanjani (Prodi Agribisnis), Maulidal Khairi dan Zuchrina Masyitah (Program Studi Ekonomi Pembangunan).

BACA JUGA :   Ini Pernyataan Polda Aceh, Terkait Dugaan Penganiayaan Tahanan

Kemudian Muhammad Asril, S.E selaku Direktur BUMG Emas Desa Sidorejo.

Kolaborasi antara Universitas Samudra dan BUMG Emas sangat diapresiasi tim UKM dalam hal ini UKM bordir selaku unit usaha sasaran pada tahun pertama.

Direktur BUMG, Asril, menyatakan, bahwa program matching fund ini adalah salah satu program yang paling ditunggu-tunggu pihak BUMG.

Begitu juga seluruh unit usaha yang ada di BUMG Emas guna menumbuhkan perekonomian desa terutama di era pandemi Covid-19 ini. (red)