Penjabat Walikota Langsa, Lantik Puluhan Pj Geuchik

oleh -32.579 views
oleh
Penjabat Walikota Langsa, Lantik Puluhan Pj Geuchik

LANGSA | MEDIAREALITAS – Penjabat (Pj) Walikota Langsa Syaridin, melantik dan mengambil sumpah jabatan 38 Penjabat (Pj) Geuchik Gampong dalam wilayah Kota Langsa, tahun 2024, di Aula Cakra Donya, Kota Langsa, Kamis 11 Juli 2024.

Saat pelantikan, Syaridin mengucapkan selamat kepada Penjabat Geuchik Gampong dalam wilayah Kota Langsa, sudah dilantik hari ini dan dipercayakan untuk mengemban amanah sebagai Penjabat Geuchik melanjutkan pembangunan di gampong.

“Saya berharap agar saudara/i selalu menjaga kepercayaan masyarakat dengan sebaik-baiknya, dan menjalankan amanah serta bekerja sepenuh hati dan ikhlas dalam memimpin serta melayani masyarakat, juga mendukung pembangunan Pemerintahan Kota Langsa, provinsi dan pembangunan nasional,” tuturnya.

Dikesempatan ini juga, Pj Walikota Langsa itu mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para geuchik sebelumnya, telah menuntaskan tugasnya sebagai geuchik periode 2018-2024.

“Semoga pengabdian Saudara/i menjadi sebuah amal kebaikan yang diterima oleh Allah SWT,” kata Pj bupati itu.

Selain itu, Syaridin mengingatkan, geuchik adalah ujung tombak dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

Sebab itu, geuchik dituntut memiliki pengetahuan lebih, sehingga mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat.

Pj menjelaskan, peran dari geuchik berada pada posisi sangat strategis dalam penyelenggaraan Otonomi Daerah. Tugas cukup berat diemban geuchik, mestinya dibantu oleh segenap komponen masyarakat untuk bersama-sama menyelenggarakan otonomi gampong tersebut, dalam usaha mencapai kesejahteraan masyarakat.

Kata Pj, setelah dilantiknya penjabat geuchik hari ini, “Saya minta untuk merangkul semua pihak dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada warga tanpa pandang bulu.” Ciptakan suatu konsep pelayanan prima pada pemerintahan gampong, katanya.

“Hubungan kerjasama yang baik dengan Tuha Peuet Gampong serta peran aktif dari seluruh staf, sehingga pelaksanaan tugas administrasi kedinasan dapat berjalan sebagaimana diharapkan bersama,” pinta dia, berpesan kepada para Pj geuchik baru dilantik segera pelajari dan pahami tugas, kewajiban, dan wewenang Saudara/i sebagai Geuchik.

Jalinlah komunikasi dan koordinasi yang baik dengan seluruh pengurus kelembagaan ada di gampong, terutama dengan Tuha Peuet Gampong sebagai mitra Pemerintah Gampong.

Setelah pelantikan ini, lanjut dia, hendaknya saudara/i segera membenahi masalah sumber daya aparatur, sumber pendapatan Gampong dan penerapan managemen yang baik, demi terealisasinya penyelenggaraan pemerintahan gampong yang baik dan penyaluran anggaran dana gampong bersumber dari APBN dan APBK gampong untuk dapat melaksanakan dan mempertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya.

Lalu, pemerintah gampong dan Tuha Peuet gampong harus bisa memahami kondisi di wilayahnya masing-masing.

Gampong, kata Pj, harus mempunyai data yang jelas dan valid, mulai dari data berapa warga miskin di gampongnya, data stunting, data aset di gampong, data potensi wilayah, serta data-data lainnya.

Dengan data ini, geuchik maupun aparatur gampong lainnya, akan mudah menyusun program dan arah pembangunan dalam menjalankan roda pemerintahan serta membina masyarakatnya.

“Saya mengucapkan selamat bertugas kepada saudara/i yang baru saja dilantik sebagai Penjabat Geuchik. Jabatan adalah satu amanah, karena itu pemegang jabatan harus betul-betul berbuat yang terbaik terhadap masyarakat dipimpinnya.”

Karena, kelak akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah SWT, atas semua kebijakan diterapkan selama kepemimpinannya, demikian Syaridin.

Tempat sama, Kepala DPMG Kota Langsa Al Azmi, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Pj geuchik dalam rangka mengisi kekosongan kepemimpinan geuchik di gampong, telah berakhir masa jabatannya.

Selain itu, menindaklanjuti surat Mendagri nomor 100.3.4.5/244/SJ.TGL.14 Januari 2024, maka pelaksanaan pemilihan geuchik kembali dilaksanakan usai semua tahapan pemilu selesai dan penetapan hasil pemilu 2024, dengan tetap berpedoman pada undang-undang berlaku.

“Pelaksanaan pemilihan geuchik serentak (Pilciksung), akan kembali dilaksanakan pada bulan Maret 2025,” tutupnya.

Turut hadir unsur Forkopimda Kota Langsa, Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesra Setda Kota Langsa, Kepala DPMG Kota Langsa, para geuchik dalam wilayah Kota Langsa dan tamu undangan lain. (*)