Ridha Zulkumar Mars, Dilantik Sebagai Direktur RSUD Langsa

oleh -141.579 views
oleh
Ridha Zulkumar Mars, Dilantik Sebagai Direktur RSUD Langsa
Pj Wali Kota Langsa, Syaridin, saat menandatangi berita acara pelantikan delapan Pejabat eselon II dalam lingkungan Pemko Langsa, di Aula Sekdakot Langsa, Jumat 14 Juni 2024. (Dok R/MR)

LANGSA | MEDIAREALITAS – Delapan Pejabat eselon II hasil dari seleksi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (JPT) dalam wilayah Pemko Langsa untuk tahun 2024 dilantik setelah mendapatkan izin dari Kemendagri dan adanya perpanjangan Pertek dari BKN.

Pelantikan dilakukan Pj Wali Kota Langsa, Syaridin, yang turut dihadiri unsur Forkompinda, OPD dan pimpinan instansi vertikal, di Aula Sekdakot Langsa, Jumat 14 Juni 2024 petang.

Sedangkan untuk jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, urung dilantik karena harus mendapatkan keputusan dari Kemendagri artinya dinas tersebut kekhususan tersendiri dan hanya menunggu hasil saja.

Adapun kedelapan pejabat yang dilantik meliputi Sekretaris Dewan (Sekwan) Perwakilan Rakyat Kota Langsa, ditempati oleh Gunawan Abdillah SSTP MSP yang sebelumnya Plt Sekwan.

Kemudian untuk jabatan Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, dipercayakan kepada Said Hanafiah SKM MKes.

Pj Wali Kota Langsa, Syaridin saat melantik delapan Pejabat eselon II dalam lingkungan Pemko Langsa, di Aula Sekdakot Langsa, Jumat 14 Juni 2024. (Dok R/MR)
Pj Wali Kota Langsa, Syaridin saat melantik delapan Pejabat eselon II dalam lingkungan Pemko Langsa, di Aula Sekdakot Langsa, Jumat 14 Juni 2024. (Dok R/MR)

Lantas untuk jabatan Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah (DSI dan PD) Kota Langsa ditempati oleh Kamaruzzaman SHi, yang sebelumnya sebagai Sekretaris Kesbangpol Kota Langsa.

Selanjutnya, untuk jabatan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, ditempati Muzammil SSTP, MSP yang sebelumnya sebagai Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan pada Sekretariat Daerah Kota Langsa.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, ditempati oleh Aulia Syahputra SSTP MSP, yang sebelumnya Kabid di Disporapar Kota Langsa.

Untuk Kepala Dinas Lingkungan Hidup, dipercayakan kepada, H Ade Putra Wijaya Siregar, yang sebelumnya sebagai Sekretaris DLH Kota yang juga Plt di DLH.

Lalu, untuk Kepala Dinas Ketenagakerjaan, ini dipercayakan kepada Erni Yanti SSTP MSP, yang sebelumnya mengemban tugas sebagai Sekretaris pada DPMG Kota Langsa.

Untuk yang terakhir adalah Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Langsa ditempati oleh drg Ridha Zulkumar Mars, menggantikan posisi Plt Direktur saat ini yaitu dr Helmiza Fahry Sp.OT yang berhasil menorehkan berbagai prestasi dari mulai mendapatkan akreditasi paripurna hingga lainnya.

Usai melantik delapan Pejabat Syaridin, mengatakan bahwa pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Esselon II) pada hari ini dilaksanakan dalam rangka pengisian JPT Pratama yang lowong berdasarkan Hasil Uji Kompentensi/Assessment JPT sebagai tindaklanjut Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokras Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi secara terbuka dan kompetitif di lingkungan instansi pemerintah.

Sambunganya pelantikan hari ini telah mendapat Rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Nomor D-872/JP.00.00/03/2024 Tanggal 06 Maret 2024, Persetujuan Teknis dari BKN Nomor 3432/R- AK.02.02/SD/K/2024 tanggal 24 Mei 2024 dan Persetujuan Pelantikan dari Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.2.6/1893/SJ Tanggal 24 April 2024.

“Prosesi pelantikan pejabat adalah merupakan bagian dari kehidupan dan kebutuhan organisasi dalam rangka peningkatan kapasitas karier pegawai,” katanya.

Pelantikan pejabat pada hari ini selain untuk mengisi kekosongan jabatan. juga untuk lebih memperlancar pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan publik. Dan ini hendaklah dimaknai terutama dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan figur- figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu.

Pertimbangan utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai dilakukan adalah berdasarkan kompetensi, kinerja, pengabdian dan komitmen terhadap tugas serta
tanggungjawab kepada Negara.

Oleh karenanya, setiap pejabat hendaknya mempunyai kemauan yang kuat untuk terus melakukan kreatifitas, inovasi inovasi dalam bekerja dan memiliki wawasan yang luas serta siap membantu pimpinan dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan.

Pengisian jabatan yang lowong pada pelantikan pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Langsa pada hari ini dilaksanakan setelah melalui penilaian dan seleksi secara ketat dan arif oleh panita seleksi JPT Pratama terhadap kinerja saudara selama ini.

Oleh karenanya, saya tegaskan bagi saudara yang pada hari ini dilantik agar dapat menunjukkan kinerja yang maksimal, loyalitas dan disiplin yang tinggi. Pemerintah Kota Langsa saat ini membutuhkan pejabat yang siap bekerja dengan pemikiran dan langkah strategis serta terobosan-terobosan baru yang inovatif agar pelayanan kepada masyarakat lebih cepat dan tepat, sehingga semua program pemerintah dapat berjalan sesuai dengan harapan.

“Kami menyadari sepenuhnya, bahwa tanggung jawab dan beban tugas pemerintahan kedepan semakin berat, maka kepada para pejabat yang baru saja di lantik hari ini, saya harapkan kiranya dapat mengoptimalkan perannya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing yang telah diamanahkan kepada saudara dengan sebaik-baiknya,” jelasnya.

Selanjutnya, kiranya jabatan yang dipercayakan kepada saudara jangan sampai disalahgunakan melainkan benar-benar dipelihara, dijaga dan dijalankan dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab dan selalu berdasarkan pada peraturan dan perundang undangan yang berlaku, agar pelaksanaan tugas pokok dan fungsi tidak berimplikasi para akibat hukum yang dapat menyusahkan saudara.

“Saya mengharapkan agar saudara yang di lantik pada hari ini dapat meneguhkan niat, tekad dan menjadi teladan, baik dalam menjalankan tugas maupun sebagai anggota masyarakat.
Semua jelas tercermin dalam setiap pelaksanaan tugas kerja sehari-hari dengan pengembangan sikap disiplin, profesionalisme, prestasi kerja serta perilaku kerjasama yang saling menghargai,” urainya.

Satu hal yang harus diingat bahwa jabatan sesungguhnya adalah sebuah amanah dan kepercayaan dimana kelak akan di pertanggung jawabkan dihadapan Allah SWT dan Negara.

Oleh karena itu kepada saudara-saudara yang dilantik hari ini disamping patut merasa bersyukur, juga hendaknya bisa memegang dan menjalankan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Perlu saya sampaikan pada kesempatan ini semoga bermanfaat. Akhirnya sekali lagi saya ucapkan selamat kepada saudara yang hari ini dilantik. Semoga Allah SWT senantiasa membimbing dan meridhoi kita semua,” pungkasnya, demikian. (R)