Panwaslih Simeulue Dinilai Cuai Dalam Pengawasan Perusakan APK

oleh -195.579 views
oleh
Panwaslih Simeulue Dinilai Lalai Dalam Pengawasan Perusakan APK
Tampak baliho dan sepanduk di Jalan Baru Desa Ameria, Bahagia, Simeulue, dirusak OTK (Foto Mediarealitas)

Simeulue | MEDIAREALITAS – Alat peraga kampanye (APK) diduga dirusak oleh orang tak dikenal (OTK) di daerah pemilihan Kabupaten Simeulue, Minggu 10 Desember 2023.

Ada beberapa titik pemasangan APK peserta pemilu 2024 di seputaran pusat Kota Sinabang, kecamatan dan di tingkat desa yang dirusak OTK seperti baliho dan sepanduk, kata Wakil Ketua DPRK Simeulue Sunardi Sihombing, kepada Mediarealitas, Senin 11 Desember 2023.

Wakil rakyat itu menilai kinerja Panwaslih Simeulue kurang pengawasan dan kurang koordinasi antar sesama pelaksana penegakan hukum pemilu. Karena saat ini sudah masuk dalam rangkaian tahapan kerja penyelenggara pemilu sampai Februari 2024.

BACA JUGA :   Didampingi Ulama, Haji Tole Antar Berkas Pendaftaran Bacalon Bupati Aceh Timur 2024-2029

Kata dia, perusakan APK bisa jadi disebabkan kurang pengawasan dan kurang koordinasi antar pelaksana penegakan hukum terkait penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Simeulue mulai dari Panwaslih kabupaten, Panwacam dan Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa maupun stekholder yang berkewajiban untuk menjaga terciptanya Pemilu yang jujur aman dan adil di Simeulue, ucapnya.

Wakil Ketua DPRK Simeulue Sunardi Sihombing
Wakil Ketua DPRK Simeulue Sunardi Sihombing

Dia berharap Bawaslu atau Panwaslih kabupaten dan Panwascam maupun Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa segera menindak lanjuti agar ini tidak terjadi lagi kedepannya, ungkap Sunardi juga politikus PAN Simeulue.

BACA JUGA :   SPS Aceh Dinobatkan Sebagai Serikat Perusahaan Pers Terbaik

Pengamatan media ini, tampak sejumlah baliho dan sepanduk milik beberapa peserta Pemilu 2024 dari berbagai partai politik maupun lokal, di Jalan Baru Desa Ameria, Bahagia, rata-rata dirusak dengan dirobek.

Sementara, Ketua Panwaslih Simeulue Mitro Heriansyah saat dikonfirmasi Mediarealitas melalui WhatsApp mengatakan, kami “Siap menerima laporan jika ada dugaan pelanggaran Pemilu termasuk pengrusakan APK, karena ini mengarah ke pidana pemilu.” ucapnya singkat.

Penulis: Zulfadli
Editor: Rahmad