Prediksi Zambia vs Kongo, 17 November 2023

oleh -169.579 views
Prediksi Zambia vs Kongo

MEDIAREALITAS – Prediksi Zambia vs Kongo, Zambia dan Kongo akan beraksi di Grup E Piala Afrika ketika mereka saling berhadapan di Stadion Levy Mwanawasa pada hari Jumat.

Setan Merah memasuki akhir pekan setelah menjalani kualifikasi Piala Afrika yang mengecewakan dan akan berusaha untuk menyelesaikan misi mereka untuk penampilan pertama di Piala Dunia dengan baik.

Zambia menyelesaikan jadwal persahabatan mereka untuk tahun ini pada 17 Oktober ketika mereka meraih kemenangan gemilang 3-0 atas Uganda di Stadion Klub Olahraga Al Hamriya.

Pemain Leicester City Patson Daka menampilkan penampilan dengan kualitas terbaik saat ia mencetak gol di samping gol Fashion Sakala pada menit ke-63 untuk membuat Cranes mengalami kekalahan keempat dalam lima pertandingan.

Dengan kemenangan atas Uganda, pasukan Avram Grant kini tidak terkalahkan dalam enam dari tujuh pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi, sebuah rekor yang membuat mereka meraih gelar Piala COSAFA ketujuh yang memperpanjang rekor pada bulan Juli.

Zambia juga mengakhiri enam tahun absennya mereka di Piala Afrika ketika mereka lolos dari babak kualifikasi, mengumpulkan 13 poin dari enam pertandingan untuk finis pertama di Grup H, menyisihkan runner-up Pantai Gading ke posisi teratas dengan selisih gol.

Juara AFCON 2012 kini kembali ke kampung halamannya, di mana mereka telah memenangkan masing-masing dari empat pertandingan terakhir mereka dalam dua tahun terakhir, sejak hasil imbang 1-1 melawan Guinea Khatulistiwa di kualifikasi Piala Dunia pada tahun 2021.

Berada di peringkat 81 dalam Peringkat Dunia FIFA terbaru, Zambia akan berusaha melanjutkan rentetan hasil mengesankan mereka di kandang sendiri saat mereka berupaya memulai upaya mereka untuk tampil perdana di Piala Dunia pada tahun 2026 dengan penuh semangat.

Chipolopolo nyaris melakukannya pada tahun 2006, ketika mereka hanya tertinggal empat poin dari Togo di Grup 1 kualifikasi, dan pada tahun 2018 ketika mereka gagal di babak kualifikasi ketiga dan terakhir, di mana mereka finis sebagai runner-up di bawah pemenang B Nigeria.

Perjalanan kualifikasi yang mengecewakan lainnya memupus impian Kongo untuk berpartisipasi dalam AFCON 2023 ketika mereka finis ketiga di Grup G, tertinggal tiga poin dari runner-up Gambia.

Kongo, yang penampilan terakhirnya di turnamen dua tahunan itu terjadi pada tahun 2015 ketika mereka mencapai perempat final, hanya berhasil meraih dua kemenangan dalam enam pertandingan mereka dan meraih satu hasil imbang dan kalah tiga kali.

Setan Merah menuju pertandingan pembuka grup hari Jumat setelah bermain imbang 2-2 melawan Gambia pada 10 September, hasil yang menyoroti perjuangan mereka saat membuang keunggulan dua gol di 11 menit terakhir pertandingan.

Mereka gagal memenangkan lima dari enam pertandingan mereka di semua kompetisi pada tahun 2023 – kalah tiga kali dan meraih dua hasil imbang – sebuah rekor yang membuat mereka tersingkir dari Kejuaraan Negara-Negara Afrika di babak grup pada bulan Januari.

Sementara Kongo akan berusaha untuk mendapatkan awal impian dalam upaya mereka untuk tampil pertama kali di Piala Dunia, pertandingan hari Jumat akan mempertemukan mereka dengan tim Zambia yang tidak terkalahkan dalam 13 dari 14 pertemuan terakhir mereka, mengklaim delapan kemenangan dan lima kali seri sejak Maret 1974.

Grant telah memanggil 25 pemain untuk pertandingan kualifikasi melawan Kongo dan Niger, dengan pemain berusia 68 tahun itu mempertahankan sebagian besar pemain yang mengamankan tempat Zambia di AFCON 2023.

Daka menjadi headline unit penyerang Chipolopolo, bersama Sakala yang berusia 26 tahun dan striker Lecce Lameck Banda, sementara Brian Mwila kembali ke skuad setelah absen dua tahun.

Mwila sedang dalam performa bagus di kompetisi papan atas Zambia, mencetak empat gol dalam tiga pertandingan untuk Zanaco, sementara Frankie Musonda dari Ayr United dan Kelvin Kapumbu yang berusia 27 tahun absen karena cedera.

Kongo telah menunjuk skuad 21 pemain untuk dua pertandingan pembukaan mereka di kualifikasi, termasuk pemain seperti Prestige Mboungou, Wolfrigon Mongondza yang berusia 33 tahun dan gelandang Cagliari Antoine Makoumbou.

Striker Young Boys Ganvoula, yang mencetak empat gol dalam 15 caps senior sejak debutnya pada Juni 2014 dan akan memimpin serangan Setan Merah, sementara Antoine Makoumbou dan Gaius Makouta dari Boavista harus bekerja sama di lini tengah.

Bek Sochaux Christ Makosso adalah satu dari empat wajah baru di skuad Kongo, bersama Alain Ipiele, Christopher Ibayi dan kiper berusia 20 tahun Melvin Douniama.

Zambia akan tampil memukau saat mereka menghadapi tim Kongo yang hanya berhasil meraih satu kemenangan dalam enam pertandingan sejak pergantian tahun. Chipolopolo tampil kokoh di kandang sendiri selama dua tahun terakhir dan kami berharap mereka meraih kemenangan nyaman pada hari pembukaan pada hari Kamis. (*)

Perkiraan Susunan Zambia vs Kongo

Zambia : Mulenga; Kabwe, Kanguluma, Sunzu, Chepeshi; Bwalya, Kangwa, Kampamba; Daka, Banda, Mwila

Congo : Mongondza; Poaty, Dembi, Ondongo, Andzouana; Ndockyt, Makoumbou, Makouta, Mboungou; Ganvoula, Bassouamina

Prediksi Skor Zambia vs Kongo: 2-1

sumber : sportsmole