IKLAN YARA

KOPRI PMII Langsa Gelar SIG Se-Aceh

oleh -78.489 views
KOPRI PMII Langsa Gelar SIG Se-Aceh
Korps PMII Putri (KOPRI) Cabang Kota Langsa, menggelar Sekolah Islam Gender (SIG) Se-Aceh, di Gedung FTIK IAIN Langsa, Sabtu, (27/11/2021).

Langsa | Realitas – Korps PMII Putri (KOPRI) Cabang Kota Langsa, menggelar Sekolah Islam Gender (SIG) Se-Aceh, untuk inovasi membangkitkan pemahaman gender, serta peringati harlah KOPRI Ke-54 yang dibalut dengan peringatan maulid Nabi, di Gedung FTIK IAIN Langsa, Sabtu, (27/11/2021).

Peringatan Hari lahir (Harlah) KOPRI ke-54, yang dibuka oleh IKA PMII Langsa, yang diwakili Nurbaiti, SE selaku senior KOPRI PMII Aceh, dengan tema “Mewujudkan Indonesia Tanpa Kekerasan Seksual Melalui Edukasi Kesetaraan Gender dan Permendikbud No 30 Tahun 2021”.

Ketua NU Kota Langsa, Tgk Jarimin Hasyim, mengajak KOPRI sebagai perempuan harus paham terhadap perkembangan zaman, banyak hal-hal yang bisa kita lakukan oleh kaum muda ini, jangan lalai terhadap dunia dan harus paham terhadap ilmu-ilmu agama, supaya kedepan kita bisa mendidik generasi penerus bangsa dan agama, dan acara dilanjutkan dengan santunan anak yatim.

Ketua Panitia, Nanda Puspita Sari mengatakan SIG ini bentuk inisiasi PC KOPRI PMII Langsa bersinergi dengan KOPRI se-Kota Langsa sekaligus memperingati hari lahir KOPRI ke-54.

BACA JUGA :   Polisi Dalami Terkait Kaburnya 8 Imigran Rohingya Diduga Terlibat TPPO

Dalam pelaksanaan SIG se-Aceh ini banyak dukungan dari senior PMII, PC maupun KOPRI yang ada di kota Langsa, sehingga acara yang di selenggarakan lancar sampai dengan selesai, adapun peserta yang terdiri delegasi cabang KOPRI se-Aceh,

Dimana SIG diikuti oleh Aceh Tamiang, Aceh Timur, Kota Langsa , Pidie Jaya, Subussalam, Bener Meriah, Lhokseumawe, secara zoom meeting (online) mengingat kondisi pandemic Covid 19 dan penerapan prokes.

“Kami membangkitkan kembali gairah kader perempuan di PMII, membentuk rasa percaya diri bahwa KOPRI hadir untuk berperan bukan baperan,” ucap Nanda.

Sementara itu, Ketua KOPRI Cabang Kota Langsa, Suci Ananda berharap KOPRI sebagai wadah yang solutif bagi kader perempuan serta berdampak positif dan responsif.

BACA JUGA :   Hari Gembira Anak Yatim Bersama Kodam Iskandar Muda, Beri Santunan

Kini Indonesia tidak hanya sedang mengalami pandemi covid-19 tapi juga sedang mengalami pandemi kekerasan seksual.

Saat ini banyak sekali kasus kekerasan seksual yang terjadi di indonesia, Pelaku kekerasan seksual berasal dari kalangan masyarakat yang berpendidikan rendah hingga ke perguruan tinggi.

Survei Kemendikbud pada 2020 menyebutkan bahwa 77 persen dosen menyatakan kekerasan seksual pernah terjadi di kampus dan 63 persen tidak melaporkan kasus yang diketahuinya kepada pihak kampus. Mayoritas korban kekerasan seksual adalah perempuan.

Hal ini bertolak belakang dengan anjuran Nabi Muhammad untuk melindungi dan menghormati kaum perempuan.

Terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual dipandang sebagai suatu langkah yang progresif oleh sejumlah pihak di tengah keresahan akan tingginya kekerasan seksual di lingkup perguruan tinggi.

Ternyata salah satu faktor kekerasan seksual yaitu masih minim pemahaman terhadap kesetaraan gender.

BACA JUGA :   Diduga Terjadi Korupsi Pembangunan Jalan Kebun Baru: DEMA-F Syariah IAIN Langsa Minta Walikota Copot Kadis PU

Seperti yang kita tau bahwa saat ini masih terdapat diskriminasi terhadap perempuan. Diskriminasi di usia remaja memperbesar peluang eksploitasi dan kekerasan seksual.

Saya sangat mengapresiasi panitia yang telah mengambil tema ini dimana tema ini berhubungan dengan Permendikbud yg saat ini sedang viral dan menuai pro kontra.

“KOPRI menjadi salah satu wadah solutif dan positif hari ini serta lebih maju, berkembang dan lebih bangkit dari sebelumnya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara Sekretaris NU Kota Langsa, Dr. Ismail Fahmi Arrauf, MA yang juga menjadi pemateri pembuka, Rahmat Hidayat, ST selaku senior PMII Langsa, Sekretaris PKC PMII Aceh, Afzalun Zikri, S.Pd, Sekretaris GP Ansor Langsa, Syarwan, S.Pd, Nurul Shafika, S.Pd, Ketua PC PMII Langsa, Nyak Maulana, beserta pengurus cabang dan tamu undangan lainnya. (Rapian).