Bupati Bogor Tandatangan Kerjasama Dengan Universitas Padjajaran

oleh -117.489 views
Bupati Bogor

IDUL FITRI

Bogor I Realitas – Bupati Bogor, Ade Yasin lakukan penandatanganan kerjasama antara Sekolah Pasca Sarjana Universitas Padjajaran dengan Pemerintah Kabupaten Bogor, di RSG UNPAD BANDUNG, Jumat (5/3/2021).

Itu dilakukan guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Bogor, agar lebih inovatif dan kreatif baik dalam menjalankan tugas, mengambil keputusan, menyelesaikan masalah, juga dalam melayani masyarakat.

REALITAS TV

Bupati Bogor, Ade Yasin menjelaskan, saat ini tantangan permasalahan yang ada di masyarakat semakin komplek dan dinamis, terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19, sehingga ASN Kabupaten Bogor harus mampu beradaptasi dengan cepat terhadap kondisi yang terus berubah-ubah.

Untuk itu ASN dituntut kreatif dan inovatif dalam mencari solusi terhadap permasalahan yang muncul di masyarakat. Perjanjian kerjasama dengan pihak UNPAD, menjadi hal penting yang harus dilakukan.

BACA JUGA :   Mendagri Usul Tema RKPD Provinsi Papua Mengakomodir Pengendalian Covid-19 sekaligus Pemulihan Ekonomi

“Ini sangat tepat ditengah pemberlakuan Work From Home (WFH) 50 persen di lingkup Pemkab Bogor bisa dimanfaatkan ASN untuk meningkatkan ilmu dan mengupgrade diri menjadi lebih baik tanpa harus meninggalkan tugas fungsi utamanya,” ujar Bupati Bogor.

Menurut Ade, sebagai langkah awal tindaklanjut dari perjanjian kerjasama itu,ia memberikan kesempatan kepada 20 ASN dari 25 ribu ASN, yang berusia minimal 23 tahun maksimal 40 tahun untuk dapat mengikuti pembelajaran pasca sarjana di Universitas Padjajaran Bandung.

“Jumlah ASN kami cukup besar, langkah awal ini harus disambut baik untuk bisa meningkatkan kualitas diri para ASN. Pola bekerja sambil belajar ini dinilai efektif dan bisa langsung diimpelemtasikan dalam pekerjaan sehari-hari,” tegas Ade

Lanjut Ade Yasin, kerjasama itu selain untuk  meningkatkan kualitas SDM ASN juga ingin meningkatkan kualitas SDM pemuda di Kabupaten Bogor, terutama pemuda berprestasi di bidang olahraga, kesenian, akademik, dan hafizd Qur’an, serta mahasiswa dengan IPK minimal 3,5.

BACA JUGA :   Kemendagri: Kualitas Pelayanan Publik yang Prima Harus Dirasakan Semua Kalangan Masyarakat

“Tahun ini kita siapkan 1.200 beasiswa bagi pemuda berperstasi di Kabupaten Bogor. Kami juga sangat mengapresiasi upaya UNPAD, atas terselenggaranya kerjasama ini, semoga bisa memberikan manfaat tidak hanya para ASN, juga untuk pemuda dan masyarakat Kabupaten Bogor,” tukasnya.

Selanjutnya, Rektor UNPAD Bandung, Rina Indiastuti mengatakan, kerjasama dilakukan untuk mendukung peningkatakan kualitas SDM ASN di Kabupaten Bogor.

Sesuai visi dan misi UNPAD bahwa UNPAD bertugas menghasilkan SDM berkualitas baik lulusan S1,S2, dan S3. Peningkatan kualitas SDM ini menjadi satu keharusan sejalan dengan program nasional Indonesia emas pada tahun 2045, mungkin akan ada juga Jabar Emas 2045 bahkan Kabupaten Bogor Emas 2045.

BACA JUGA :   Angkatan Pertama Asesor Berlisensi BNSP RI Untuk Profesi Wartawan

“Kita punya niat sama-sama meningkatkan kualitas SDM, semoga kerjasama ini bisa berlanjut tidak hanya sekolah pasca sarja, tapi bisa berkembang ke kerjasama dalam penelitian, konsultasi dan lainnya, karena kita memiliki dosen dengan kepakaran yang beragam mulai dari kesehatan, sains, budaya dan lainnya,” tutur Rina.

Tambah Rina, ia mengaku mengapresiasi dan berterima kasih kepada Bupati Bogor Ade Yasin atas kepercayaan yang diberikan kepada pihak UNPAD Bandung, dengan menyekolahkan ASN Kabupaten Bogor di UNPAD.

“Pada prinsipnya kita siap menyukseskan ketercapaian Visi Misi Kabupaten Bogor, yang juga otomatis dapat mendukung ketercapaian Visi Misi kami,” imbuhnya. (Deddy Karim)

UPDATE CORONA