KIP Kota Langsa: Pemilih Dilarang Bawa HP Dan Alat Perekam Saat Nyoblos

oleh -65.579 views
KIP Kota Langsa: Pemilih Dilarang Bawa HP Dan Alat Perekam Saat Nyoblos
Ketua KIP Kota Langsa, Ridwan ST. (Foto Ist)

Langsa | MEDIAREALITAS – Calon pemilih yang akan mencoblos pada Pemilu 2024 dilarang membawa handphone (HP) dan alat perekam lainnya saat di bilik suara yang ada di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua KIP Kota Langsa, Ridwan ST, kepada wartawan, Sabtu 10 Februari 2024 menegaskan larangan itu tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) No. 66 tahun 2024 begitu juga dalam PKPU No. 25 tahun 2024 yang menyatakan tidak boleh membawa handphone kedalam bilik TPS.

Larangan membawa HP saat nyoblos itu terdapat pada Peraturan KPU (PKPU) Nomor 25 Tahun 2023 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilihan Umum.

BACA JUGA :  Sudah Dilaporkan Tapi Kasus Ledakan Sumur Minyak Perlak Jalan Ditempat, PPA Minta Ditreskrimsus Polda Aceh Turun Tangan

Lebih tepatnya pada pasal 25 ayat 1 poin (e) disebutkan bahwa Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) wajib melarang pemilih membawa HP saat di bilik suara.

“Mengingatkan dan melarang Pemilih membawa telepon genggam dan/atau alat perekam gambar lainnya ke bilik suara.” tegas Ridwan.

Selain itu, pada pasal 28, Pemilih juga dilarang mendokumentasikan hak pilihannya di bilik suara.

Seperti dituangkan pada “(1) Pemilih tidak boleh membubuhkan tulisan dan/atau catatan apa pun pada surat suara. (2) Pemilih tidak boleh mendokumentasikan hak pilihnya di bilik suara,” paparnya.

Ridwan juga mengingatkan bahwa calon pemilih agar membawa KTP elektronik atau surat keterangan (suket) beserta Formulir model C6 pemberitahuan dari KPU.

BACA JUGA :  Dalam Rangka Penyiapan Satuan Perbantuan, Kodim 0111/Bireuen Laksanakan Latihan PHH

Hal ini juga mengacu pada ketentuan KPU, surat pemberitahuan atau formulir model C6 akan diterima oleh pemilih paling lambat tiga hari sebelum pemungutan suara, 11 Februari 2024.

“Kiranya semua badan adhoc atau KPPS menjalankan tugasnya dengan baik dan jaga kesehatan demi lancarnya pemilu H-4, kami berharap semua berjalan dengan damai serta kondusif,” tandasnya. (R)

Editor: Redaksi