IAIN Langsa Buka Tiga Prodi Baru

oleh -84.579 views
IAIN Langsa Buka Tiga Prodi Baru
Rektor IAIN Langsa, Prof. Ismail Fahmi Arrauf Nasution. (Foto Istimewa)

Langsa | MEDIAREALITAS – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, membuka tiga prodi baru yaitu Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG), BKPI dan Jurnalistik.

Prodi baru  ini lahir sebagai harapan masyarakat Kota Langsa, Aceh Tamiang, Aceh Timur untuk mempersiapkan diri menjadi guru prosesional, ungkap Rektor IAIN Langsa, Prof. Ismail Fahmi Arrauf Nasution kepada wartawan, Sabtu 17 Februari 2024.

Ismail mengatakan, dengan prodi baru membuka kesempatan kepada putra putri Kota Langsa dan Aceh bahkan Indonesia untuk bisa menjadi guru profesional melalui IAIN Langsa.

Tiga prodi baru tersebut sudah terdaftar, diharapkan masyarakat Kota Langsa, Aceh Tamiang, Aceh Timur untuk mempersiapkan diri menjadi guru prosesi, guru bimbingan konseling, dan menjadi jurnalistik.

BACA JUGA :  Kejari Banda Aceh Periksa Empat Pj Disdik Terkait Pelaksanaan Pelatihan Guru

Ismail juga menjelaskan bahwa, lulusan jurnalistik diupayakan cakap dan mahir, serta bisa bekerja sebagai jurnalis atau jurnalis di ranah lokal, nasional maupun internasional.

Begitu juga dengan lulusan program PPG Prajabatan akan mendapatkan sertifikat pendidik yang merupakan salah satu syarat untuk menjadi guru profesional.

Sedangkan Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) akan menghasilkan calon guru BK, asisten konsultan, peneliti dan wirausaha BK. Khusus untuk Prodi BKPI ini sudah berjalan satu semester.

Ismail mengatakan, harapan besar dengan adanya tiga prodi ini, dapat menampung cikal bakal profesi yang dibutuhkan masyarakat untuk menghadapi perkembangan zaman. Ia juga mengatakan, dalam rangka melakukan transformasi menuju UIN, kini IAIN Langsa telah memiliki 27 prodi.

BACA JUGA :  Ketua YARA Langsa Desak Kapolda Dan Ditreskrimsus Polda Aceh Tangkap Pemilik Tanah Minyak Ilegal Gampong Alur Canang

Ia juga tidak lupa berterima kasih dan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Menteri Agama KH Yaqut Cholil Qoumas, Dirjen Pendidikan Islam Prof Dr H Muhammad Ali Ramdhani dan Direktur PTKN Prof Dr Zainul terima kasih kepada Menteri Agama yang telah memberikan kepercayaan kepada kami dengan turunnya izin PPG pada tahun ini, IAIN Langsa dapat menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru Kegamaan pada tingkat sarjana. (**)