Pemasangan Kabel Listrik di Rumah Warga Terkesan Azas Manfaat

oleh -442.579 views
oleh
Pemasangan Kabel Listrik di Rumah Warga Terkesan Azas Manfaat

Pelalawan | MEDIAREALITAS – Pemasangan kabel listrik di rumah-rumah warga oleh pihak PLN Pangkalan Kerinci seolah-olah dijadikan azas Manfaat untuk meraup keuntungan. Sebab warga mengaku pemasangan kabel dibuat asal-asalan dan bisa dipindahkan oleh petugas kalau dibayar ratusan ribu rupiah.

Uli salah seorang ibu rumah tangga pelanggan PLN Senin (15/5/2023) kepada wartawan media ini mengaku beberapa rumah dilingkungan kami kabel listrik yang terpasang tidak teratur. Kami takut kabel-kabel itu membahayakan bagi keselamatan jiwa karena sangat berpotensi mudah terkelupas dan bisa makan korban, ujarnya

“Dilingkungan perumahan kami termasuk rumah saya, kabel listrik dipasang asal-asalan oleh petugas PLN. Ketika salah satu warung dekat rumah saya minta kabelnya dipindahkan supaya aman, dibayarnya seratus ribu rupiah kepada petugas PLN baru dipindahkan. Sementara kami beberapa warga lain juga minta kabel dirumah kami dipindahkan, tapi petugas PLN tidak mau karena hanya menawarkan lima puluh ribu sesuai kemampuan kami,” tukasnya.

Surbakti juga sangat menyesalkan pemasangan kabel yang asal-asalan dirumahnya. Dia menyebutkan bahwa setiap sambungan kabel dilakban tanpa tertutup rapi. Sehingga sambungan kabel yang terlakban itu kalau hujan bisa masuk air dan bisa berakibat fatal, ujarnya.

BACA JUGA :   PWI Dan Forum Pemred Gandeng Tiga Akademisi Kawakan Mencari Sosok Pemimpin Aceh

Ketua RT 1 RW 6 Keluarahan Pangkalan Kerinci Timur, Kecamatan Pangkalan Kerinci Candra Hutabarat merasa sangat kecewa ketika menemui pihak PLN cabang Pangkalan Kerinci Senin (15/5/2023). Sebab tidak ada satu orangpun pihak PLN yang bisa mengambil kebijakan untuk bertemu dengannya atas persoalan yang dia sampaikan.

“Saya Candra Hutabarat ketua RT di jalan Keluarga. Menyampaikan keluhan terkait salah satu warga yang mau mengutip dana terhadap beberapa warga untuk membeli tiang listrik. Rumah itu mau direnovasi, sementara kabel-kabel listrik yang disalurkan ke beberapa rumah warga lainnya terpusat diatap rumah tersebut. Maka itu pemilik rumah mengutip dana untuk membeli tiang listrik untuk memindahkan kabel-kabel tersebut,” jelas Candra.

Dikatakan ketua RT 1 RW 6 Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur itu, hal itu sudah menjadi polemik ditengah-tengah warga kami sekarang ini. Maka itu kami laporkan bagaimana supaya ada solusinya seraya menyodorkan surat pengaduan terhadap pihak PLN cabang Pangkalan Kerinci yang diterima oleh petugas bernama Siti Rahma.

Candra menambahkan, menurut pemilik rumah tersebut sudah bolak balik menyampaikan persoalan itu terhadap pihak PLN namun tidak pernah direspon. Maka itu dia membuat inisiatif sendiri untuk mengutip dana untuk membeli tiang listrik terhadap beberapa warga yang kabelnya disambungkan dari rumahnya tersebut.

BACA JUGA :   PWRI: Usut Tuntas Kasus Penyelewengan Bansos Warga Di Aceh Utara

Bagian costumer servis Siti Rahma menanggapi pernyataan Candra mengatakan, laporan ini akan saya sampaikan kepada pimpinan besok. Kebetulan hari ini pergantian manager PLN cabang Pangkalan Kerinci dari Bagdad  Muhanif yang akan digantikan oleh Fairus. Serah terima jabatan manager itu baru dilakukan hari ini, ujarnya.

Seandainya tindak lanjut dari kami (PLN Pangkalan Kerinci) agak terlambat penanganannya, sebaiknya dilaporkan melalui aplikasi PLN saja. Biasanya kalau sudah dilaporkan melalui aplikasi tersebut akan lebih cepat prosesnya karena pusat pelaporan semua kesana, pungkasnya menyarankan. (Sona)