LSM TOPAN RI Soroti Bebasnya Isi Jerigen Di SPBU Pelalawan

oleh -346.579 views
LSM TOPAN RI Soroti Bebasnya Isi Jerigen Di SPBU Pelalawan

Pelalawan | MEDIAREALITAS – Aktifitas pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam jerigen di SPBU No. 14.2836109, jalan Lintas Timur dekat Kantor Polres Pelalawan, Riau, menuai sorotan LSM.

Ronal M Sihombing Tim Operasional Pemantau Anggaran Negara Republik Indonesia (LSM TOPAN) mengaku juga sangat geram dengan perilaku SPBU tersebut, karena lebih mengutamakan melayani pengisian jerigen dari pada kendaraan umum milik masyarakat, ucap nya, Senin (25/9/2023) di Pangkalan Kerinci.

Anehnya SPBU itu berani mengisi BBM ke jerigen siang bolong, pada hal lokasinya hanya berjarak kurang lebih satu kilo meter dari kantor Polres Pelalawan.

Hal itu sudah lama dikeluhkan sejumlah warga yang biasa isi BBM kendaraannya di SPBU tersebut. Warga mengaku bahwa aktifitas pengisian BBM ke jerigen di SPBU itu sudah berlangsung lama, ujarnya.

Dikatakan Ronal, kejadian hari Selasa (19/9/2023) kemarin ditemukan kegiatan pengisian BBM jenis pertalite ke ratusan jerigen di siang bolong di SPBU tersebut.

Oknum petugas SPBU itu lebih mengutamakan melayani pengisian jerigen dari pada kendaraan umum yang hendak mengisi bahan bakar kendaraan mereka, ucap Dia.

Akibat ulah SPBU tersebut membuat warga terutama para pelanggan resah, terlebih tidak adanya tindakan dari aparat penegak hukum selama ini, sesalnya.

Dijelaskan oleh Ronal, mengisi BBM ke jerigen bisa saja dilakukan apa bila sudah melengkapi dokumen yang diterbitkan oleh pemerintah daerah setempat. Peruntukan BBM yang isi ke jerigen tersebut juga harus jelas untuk kebutuhan apa. Misalnya untuk kebutuhan para nelayan atau petani, tentu pemerintah daerah menerbitkan rekomendasi sesuai kebutuhan masyarakat, pungkasnya.

Lanjutnya, pengisian BBM ke jerigen seperti yang dilakukan oleh SPBU dekat kantor Polres Pelalawan selama ini diduga keras tindakan menyahgunakan BBM subsidi milik pemerintah. Maka diminta agar hal itu menjadi perhatian pihak Pertamina supaya setiap SPBU yang nakal diberi sanksi tegas supaya tidak semena mena menyahgunakan BBM subsidi milik pemerintah, ujarnya menegaskan.

LSM TOPAN RI juga minta  aparat penegak hukum tidak terkesan tutup mata atas ulah SPBU yang nakal. Sangat disayangkan jika suatu kejahatan terjadi dekat sekitar kantor aparat penegak hukum terindikasi pembiaran, sesalnya penuh geram.

Pengawas SPBU tersebut bernama Roji yang ditemui langsung saat ditemukan aktifitas pengisian jerigen tersebut tidak terima divideokan oleh wartawan. Dia mengatakan, jangan divideokan, kan bisa diselesaikan baik baik? Jangan divideokan ini tempat kami, katanya.

Penulis: Sona
Editor: Rahmad