Bid TIK Polda Riau Terus Berinovasi Melayani Masyarakat

oleh -709.579 views
oleh
Bid TIK Polda Riau Terus Berinovasi Melayani Masyarakat
Bid TIK Polda Riau Terus Berinovasi Melayani Masyarakat

Pekanbaru | MEDIAREALITAS – Rapat kerja teknis (Rakernis) Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi (Bid TIK) Polda Riau Tahun Anggaran 2023 resmi dilaksanakan pada Kamis, 25 Mei 2023.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan peran serta personil Bid TIK Polda Riau dalam mengemban fungsi teknologi informasi dan komunikasi Polri.

Hal ini juga untuk mendukung kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan tugas Polri secara Prediktif, Responsibilitas dan transparansi, berkeadilan atau disebut dengan PRESISI.

Dalam hal ini Kepala Bidang (Kabid) TIK Polda Riau AKBP Hasyim Risahondua SIK M.Si menyampaikan pentingnya kegiatan Rakernis ini guna mewujudkan kinerja fungsi TIK dalam tubuh Polda Riau yang selalu sinergi dan handal.

Selain itu, ia pun menyebutkan bahwa kegiatan ini menjadi rutinitas setiap tahunnya, yang maksud tujuannya untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan personel khususnya anggota TIK, SPKT, terutama bagian operator call center 110.

“Di perkembangan era globalisasi saat ini kemajuan-kemajuan yang sangat pesat sangat terasa di bidang teknologi informasi dan digitalisasi di hampir semua lini kehidupan. Maka dengan pelaksanaan Rakernis ini, kita akan berupaya untuk memberikan pengetahuan teknologi informasi sesuai tuntutan revolusi 4.0 sehingga pekerjaan dapat menjadi lebih cepat, masif, simpel, mudah, efisien dan mampu menghasilkan output yang berlipat,” ujar AKBP Hasyim.

Dengan demikian, Kabid TIK Polda Riau mengatakan sangat berharap kedepannya dapat melakukan pergelaran peralatan dan fasilitas aplikasi yang telah dimiliki.

“Untuk diketahui saat ini Polda hingga Polres jajaran sudah memiliki kontak call center 110. Silakan saja teknologi ini dimanfaatkan oleh masyarakat, apabila ada pengaduan atau pun perihal lain yang perlu disampaikan kepada pihak kepolisian,” jelas Kabid TIK Polda Riau.

BACA JUGA :   Kapolres Langsa Pimpin Sertijab Kabag Log, Kasat Intelkam, Dan Kapolsek Langsa Timur

Pada kegiatan Rakernis Bid TIK Polda Riau tahun 2023 tersebut, beberapa pemateri yang akan memberikan paparan berasal dari PT. ASABRI, PT. Telkom, Bank BTN, dan EOS PT. Infomedia.

“Disini kami mengundang PT. ASABRI, agar anggota personel lebih mengetahui bahwa peran sertanya dapat melayani permasalahan dari anggota Polri, diantaranya pelayanan dibidang pekerjaan, kesehatan, maupun kesejahteraan anggota tersebut. Sehingga mereka akan mendapatkan hak dan kewajiban dalam bekerja,” jelas AKBP Hasyim.

“Kami berharap kepada seluruh peserta yang hadir agar dapat mengikuti rapat kerja ini dengan serius, sehingga nantinya ilmu yang didapat diaplikasikan selama menjalankan tugas,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang PT. ASABRI Pekanbaru Dimas Wira Yudistira dalam paparannya menyampaikan bahwa terdapat hak dan kewajiban anggota Polri yang perlu dijelaskan kepada peserta kegiatan Rakernis Bid TIK Polda Riau tahun 2023.

“Kami memiliki beberapa program asuransi dan jaminan sosial bagi Anggota Polri maupun prajurit TNI, diantaranya mulai dari jaminan kecelakaan kerja, tabungan hari tua, jaminan kematian, jaminan pensiun, pinjaman KPR, dan pinjaman polis. Dan mereka harus mengetahui akan hal-hal tersebut,” ujar Dimas.

“Untuk kecelakaan dalam bekerja kami akan mengcover mulai dari perawatan hingga memberikan santunan gugur tewas, dan jaminan kematian akan kita bantu untuk biaya pemakaman,” imbuhnya.

Dimas berkomitmen mengatakan dalam hal pelayanan PT. ASABRI akan cepat dan valid, seperti memproses hanya dengan satu jam selesai, tetapi menurutnya harus dengan berkas yang lengkap.

BACA JUGA :   Kapolres Langsa Pimpin Sertijab Kabag Log, Kasat Intelkam, Dan Kapolsek Langsa Timur

“Adapun terkait proses berkas yang lama itu terkait konfirmasi ulang kepada satuan tempat bertugas, seperti PTDH harus kami validasi ulang kembali tentang hal kebenaran keberadaan bertugas dari anggota tersebut, dan ada juga masalah pengajuan klaim yang sifatnya masih sentralisasi sehingga proses akan lama,” tutupnya.

Ditempat yang sama, pemateri yang lain dari Divisi akses bagian Fiber Akademi PT. Telkom, M. Ilham S.I.Kom menyampaikan apresiasinya kepada Bid TIK Polda Riau yang selalu mempercayai instansinya tentang kebutuhan teknologi komunikasi dan informasi.

“Kami sangat berterimakasih sekali bisa memberikan materi kepada peserta dari anggota Polri, yang akan kita sampaikan nanti yakni layanan terbaru dari PT. Telkom dan juga jaringan serta transmisi yang kita gunakan selama ini. Agar kedepannya TIK Polri khususnya Bid TIK Polda Riau lebih maju dan berkembang,” ujar singkat Ilham.

Selama jalannya kegiatan Rakernis tersebut, ternyata banyak manfaat yang dapat diambil oleh seluruh peserta, terlihat dari pertanyaan dalam sesi diskusi.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kabid TIK Polda Riau AKBP Hasyim Risahondua S.I.K M.Si, Kepala Kantor Cabang PT. ASABRI Pekanbaru Dimas Wira Yudistira, Divisi akses bagian Fiber Akademi PT. Telkom, M. Ilham S.I.Kom, pihak EOS PT. Info Media Edwil, perwakilan Bank BTN Ari Rahman, Kasubid Tek Info Bid TIK Polda Riau AKBP Dasro Raja Guguk, Kasubid Tek Kom Bid TIK Polda Riau AKBP Irwan Harahap, Kasubag Renmin Bid TIK Polda Riau Kompol Irwansyah, Kaur jarkom Bid Polda Riau AKP Mulyadinoto, Paur jarkom Bid Polda Riau AKP Rameindra. *(mrz)