IKLAN YARA

YARA Langsa Minta Polisi Usut Kasus Pungli Tenaga Kontrak di Kantor DLH Kota Langsa

oleh -191.579 views
Pungli di kantor DLH Kota Langsa
Foto: Ketua YARA Kota Langsa, H A Muthallib Ibr, SE,.SH,.M.SI,.M.Kn,/foto ist

 GOOGLE NEWS

Langsa | Realitas – Issu adanya pungli di kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Langsa Provinsi Aceh semakin merebak ke masyarakat, pungli itu dilakukan oleh oknum ASN kepada pegawai Kontrak di Kantor itu.

Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Kota Langsa, H A Muthallib Ibr, SE,.SH,.M.SI,.M.Kn, meminta pihak Polres Langsa untuk segera mengusut kasus dugaan pungli yang sangat meresahkan kalangan Pegawai Kontrak di DLH Kota Langsa.

“Kita minta pihak Polres atau Pihak Kejaksaan, segera usut kasus dugaan pungli periksa pelakunya seret ke meja hijau”, ujar H A Muthallib kepada sejumlah Wartawan di Kantor YARA Langsa Simpang 4 Remi Pemko Langsa Provinsi Aceh, Rabu (28/9/2022) pagi.

BACA JUGA :   Pemkab Aceh Barat Berkolaborasi Dengan DPRA Gelar Festival Maulid Akbar

Issu pungli yang terjadi dikantor DLH Langsa merebak sepekan ini, jadi pembicaraan hangat pihak ASN maupun pegawai kontrak juga kalangan masyarakat.

Kalau issu ini benar polisi atau pihak kejaksaan bisa membawa kasus ini ke ranah pidana, apa lagi korban nya mencapai 400 orang, kalau kita hitung-hitung, tenaga kontrak 400 orang, dan dikalikan 200 ribu kali 400, mencapai Rp 80 juta lebih kurang, namun bukan besar uangnya, tapi moral ASN semakin bobrok dikalangan Pemko Langsa, ujar H Thallib yang juga Dosen FH Unsam.

BACA JUGA :   Kota Meulaboh Berhasil Tekan Angka Inflasi

Lebih lanjut H Thallib, dikatakannya kita mintak penegak hukum harus gerak cepat dalam kasus ini, agar ada efek jera pada pihak ASN yang melakukan pungli, di kantor kebersihan Pemko Langsa, ujar mantan Wakil Ketua PWI Aceh.

H Thallib yang juga Advokat menyebutkan, kasus ini sebelum nya merebak di beberapa grup WhatsApp, dan juga di FB, sehingga diketahui oleh masyarakat banyak, kita juga kaget mendengar adanya oknum ASN yang melakukan pungli terhadap tenaga kontrak, lalu kita coba lakukan investigasi ke lapangan, ternyata issu itu benar adanya pungli, ujarnya lagi.

BACA JUGA :   Anggota DPRK Banda Aceh Diduga Lakukan Asusila Terhadap Janda, BKD Diminta Tak Bungkam Seribu Bahasa

Kita minta pihak penegak hukum harus segera telusuri kasus ini agar segera terungkap, kita juga menduga bukan hanya di kantor DLH kota Langsa saja adanya pungli ini, namun sedang kita lakulan investigasi ke beberapa kantor pemerintah lainnya, tutup H Thallib. (esbeye/edi)