IKLAN YARA

Diduga Pelayanan Buruk Kepada Masyarakat : Komisi III DPRK Langsa Panggil Direktur PDAM

oleh -100.579 views
Komisi III DPRK Langsa Panggil Direktur PDAM
foto istimewa

 GOOGLE NEWS

Langsa I Realitas – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Langsa, Bidang Perekonomian dan Keuangan, memanggil Direktur PDAM Tirta Keumuning Langsa, Rabu (10/8/2022).

Dalam Pemanggil itu, Direktur tidak hadir diwakili menajemen PDAM Tirta Keumuning.

Pemanggilan Direktur tersebut, terkait dengan kondisi pelayanan air bersih kepada msyarakat Kota Langsa yang dinilai “buruk”.

Hadir Bidang Kabag Teknik Wardi, Kabag SPI Evi dan Yosfika bidang pembukaan.

Dalam pertemuan tersebut Komisi III membahas satu persatu secara bergantian menyampaikan keluhan pelanggan mulai dari tidak mendapatkan suplai air bersih dan membengkaknya tagihan yang dianggap tidak sesuai dengan pemakaian.

BACA JUGA :   Lokan Badaruk Aceh Singkil Juara Satu Nominasi Makanan Tradisonal

Selain itu, Ketua Komisi III DPRK Langsa Faisal, mempertanyakan kepada pihak PDAM yang hadir dalam panggilan tersebut, berapa jumlah pegawai PDAM sekarang ini.

Kabag Teknik PDAM Wardi menjelaskan, untuk pegawai tenaga kontrak pada PDAM itu disub kepada pihak ketiga.

Oleh karena itu setiap keluhan pelanggan yang disampaikan kepada PDAM kemudian pihak PDAM menyampaikan kepada pihak ketiga untuk menindaklanjuti keluhan pelanggan tersebut, ujarnya.

 Komisi III DPRK Langsa Panggil Direktur PDAM
foto istimewa

Terungkap bahwa kurangnya maksum pelayanan air bersih PDAM disebabkan oleh beberapa faktor diantara kondisi debit yang sudah sangat jauh menurun.

Kata Wardi, kondisi pipa yang sudah menua (kadaluarsa) sehingga tidak mampu menampung debit air yang besar untuk dialiri kebak penampungan yang telah tersedia seperti di Kecamatan Langsa Timur kalau dipaksakan pipa bisa pecah,” ujarnya.

BACA JUGA :   Sudah Waktunya Kabupaten/Kota di Aceh Punya LKS

Terhadap kondisi yang disebutkan pihaknya tidak bisa berbuat apa apa sebab untuk pembangunan perbaikan bukan menjadi tanggung jawab PDAM melainkan tanggung jawab pemerintah.

“Pipa PDAM selayaknya harus diganti secara keseluruhan kalau ini tidak dilakukan maka pasokan air kepada pelanggan tetap terganggu, ujarnya.

Maka dari itu PDAM untuk mensuplai air kepada pelanggan dilakukan secara bergilir,” jelasnya.

Sementara dalam pertemuan itu, Komisi III DPRK Langsa, masih belum mendapatkan keterangan yang memuaskan dari pihak PDAM Tirta Keumuning terkait keluhan pelanggan, karena setiap pertanyaan yang dilontarkan kepada utusan tidak paham.

BACA JUGA :   Dua Warga Aceh Tamiang Ditangkap Bawa Ganja

Oleh karena itu Komisi III akan memanggil ulang dalam kesempatan yang lain yang dihadiri langsung oleh Direktur PDAM nanti nya.

Hadir Dalam pertemuan dengan Ketua Komisi III Faisal, AM.d, dari Partai Hanura, juga hadir Wakil Ketua DPRK Saifullah, SE, dari Partai Golkar, Zulkifli Latif, dari Partai Aceh, Melvita Sari, S. Ab, dari Partai Gerindra, H Pangian Widodo S, A.Md, dari Partai Hanura dan Fajri dari Partai PNA. (Esbeye)