Banjir Kiriman Di Aceh Singkil Meluas

oleh -35.579 views
Banjir Kiriman Di Aceh Singkil Meluas
Banjir Kiriman Di Aceh Singkil Meluas

Aceh Singkil | MEDIAREALITAS – Banjir kiriman menerjang Kabupaten Aceh Singkil, meluas hingga merendam 16 pemukiman penduduk. Ratusan siswa-siswi SMA Negeri 1 Singkil, dan MTsN terpaksa diliburkan, Selasa 17 Oktober 2023.

Selain menerjang pemukiman penduduk, banjir juga meredam pekan harian, dan jalan lintas Kecamatan Singkil, melewati Sebatang. Di Kecamatan Gunung Meriah, akses jalan terputus, tidak bisa dilalui kenderaan roda dua dan roda empat.

Adapun 16 pemukiman penduduk di Kecamatan Singkil terendam banjir itu, yakni di Desa Rantau Gedang, Teluk Rumbia, Takar Pasir, Taluk Ambun, Siti Ambia, Suka Makmur, Kilangan, Ujung, Pasar Singkil, Pulo Sarok, Pemuka, Ujung Bawang, Pea Bumbung, Solok Aceh dan Suka Damai.

BACA JUGA :   Mahasiswa Unsam Ditemukan Tewas Gantung Diri

Sebelumnya, diberitakan banjir telah merendam enam desa di dua kecamatan, yaitu Simpang Kanan dan Gunung Meriah, akibat luapan Sungai Cenendang.

Dua hari kemudian, saat air Sungai Cinendang turun ke hilir menyatu dengan Lae Souraya, berhulu dari Gunung Lauser meluap, mengakibatkan Muara Singkil tidak mampu menampung luapan air, menyebabkan banjir memasuki pemukiman penduduk.

BACA JUGA :   Dukung Ketahanan Pangan, Medco E&P Bina Lima Kelompok Tani Perempuan Aceh Timur

Dalam peristiwa, diketahui, kedalaman banjir sekira 60 centimeter, hingga mencapai satu meter, melebihi tinggi dada orang dewasa. Selain itu, akibat banjir tersebut, jalan lintas umum dari Kecamatan Singkil, menuju Sebatang Kecamatan Gunung Meriah, pun sebaliknya tidak bisa dilalui kenderaan roda dua dan roda empat.

Terkait sekolah diliburkan, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Singkil, melalui salah satu guru sekolah setempat, Rahmat Syah mengungkapan keterangannya dalam video karena banjir meluas .

Penulis: Rostani

Editor: Rahmad