Calon Geuchik Kalah, Warga Kampong Situban Makmur Demo Kekantor Bupat Aceh Singkil

oleh -18.579 views
Calon Geuchik Kalah, Warga Kampong Situban Makmur Demo Kekantor Bupat Aceh Singkil
Foto: Nicoc Tinambunan dalam orasinya menuntut agar hasil pemilihan Geuchik dilakukan ulang.(Mediarealitas/Rostani)

Aceh Singkil | MEDIAREALITAS – Pemilihan Calon Geuchik kalah, Warga Kampong Situban Makmur Danau Paris, berujuk rasa ke kantor Bupati Aceh Singkil, Kamis 2 November 2023.

Aksi unjuk rasa warga ini karena tidak terima atas kekalahan terhadap hasil pemilihan Geuchik atau calon kepala desa 21 Oktober lalu, di mana calon yang mereka pilih menderita kekalahan.

Nicoc Tinambunan dalam orasinya menuntut agar hasil pemilihan Geuchik dilakukan ulang, karena dinilai adanya kecurangan dan tidaktransparan dalam proses pemungutan suara, ujarnya.

Kepada Pj Bupati Aceh Singkil, “Nicoc Tinambunan meminta untuk mengambil tindakan, dengan menetapkan pemilihan Keucik tersebut tidak sah dan cacat formil, untuk itu dilakukan pemilihan ulang”.

Penjabat Bupati Aceh Singkil Doktorandus Azmi, dengan tenang menerima dan menenangkan masa aksi unjuk rasa dan dengan diberi pemahaman atas Undang no 6 tahun 2014 mekanisme tentang tatacara pemilihan kepala kampung, tata cara pemberhentian dan pengangkatan kepala kampung begitu juga peraturan pemerintah tentang petunjuk pelaksanaannya.

BACA JUGA :   Mahasiswa Unsam Ditemukan Tewas Gantung Diri

Peraturan pemerintah no 47 tahun 2015 diatur bagaimana mekanisme kalau ada sengketa dalam pemilihan kepala kampong.

Foto Penjabat Bupati Aceh Singkil Doktorandus Azmi, menjawab tuntutan masa aksi, akan membentuk tim pencari fakta (MediarealitasRostani)
Foto Penjabat Bupati Aceh Singkil Doktorandus Azmi, menjawab tuntutan masa aksi, akan membentuk tim pencari fakta (MediarealitasRostani)

Bahwa apabila sudah terlaksana mulai dari awal mulai dari penjaringan hingga terbentuknya panitia penyelenggara P2K, mereka ini menjaring menyeleksi sampai dengan pemilihan.

Setelah ada pemenang, jadi P2K ini melaporkan kepada BPKam, BPKam ini melaporkan kepada Bupati melalui camat, sampai hari ini belum ada laporan itu kami terima, siapa yang menang dan siapa yang kalah jelas Azmi kepada masa aksi.

Selajutnya Pj Bupati menyatakan Akan membentuk tim pencari fakta yang terdiri dari Pj Sekda, Asisten pemerintahan Kabag pemerintahan, dan Kabag hukum serta DPMK juga melibatkan Muspika, untuk mengungkap fakta yang sebenar-bebarnya.

” Nanti kita ambil kesimpulan sesudah mendapatkan fakta hukum sebagai mamana sebenarnya pelaksanaannya pemilihan Geuchik Situban Makmur Kecamatan Danau Paris Aceh Singkil”. tegas Pj Bupati Azmi.

BACA JUGA :   Sekretaris DPC PBB Simeulue, Mendukung PSU Hasil Rekomendasi KIP

Masa aksi unjuk rasa ini berlangsung aman mendapat pengawalan dari kepolisian setempat.

Kapolres Aceh Singkil AKBP Suprihatiyanto,Melalui Kabag Ops Polres Aceh Singkil AKP Didik Suratno Sebagai Kepala Koordinasi Pengamanan menjelaskan, bahwa tindakan pengawalan dan pengamanan ini dilakukan untuk mencegah potensi gangguan keamanan dan agar aksi berjalan damai.

“Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan selama aksi unjuk rasa berlangsung dan akan melakukan mediasi antara pihak-pihak yang terlibat dalam ketegangan ini,” ucap AKP Didik Suratno.

Polres Aceh Singkil terus memantau perkembangan situasi dan berupaya menjaga ketertiban selama aksi unjuk rasa berlangsung. Mereka berharap untuk mencapai penyelesaian damai dan adil yang memuaskan semua pihak terkait hasil pemilihan Geuchik. punjkas Didik Suratno mengakhiri.

Penulis: Rostani

Editor: Rahmad