TMMD Bantu Percepat Pembangunan Desa Buluh Dori-Suka Makmur Selama 30 Hari

oleh -49.579 views
oleh
TMMD Bantu Percepat Pembangunan Desa Buluh Dori-Suka Makmur Selama 30 Hari
Tampak Satgas TMMD ke 118 sedang melangsir batu saat awal pembangunan jalan, yang menghubungkan antara Desa Buluh Dori dengan Desa Suka Makmur, KecamatanSimpang Kiri, Kota Subulussalam. (Foto ist)

Subulussalam | MEDIAREALITAS – Desa Buluh Dori dan Desa Suka Makmur Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam, menjadi lokasi pada pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118, dengan tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”.

Program terpadu Kodim 0118/Subulussalam ini merupakan salah satu perwujudan komitmen moral TNI dan pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pemerintah Kota Subulussalam berkerja sama dengan TNI, Kodim 0118/Subulussalam melaksanakan kegiatan TMMD ini guna mempercepat proses pembangunan desa, juga membuka akses-akses baru agar terjadi percepatan proses pembangunan dan distribusi logistik hasil-hasil pertanian dan perkebunan masyarakat.

Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 Kodim 0118/Subulussalam, akhirnya pun secara resmi dibuka oleh Walikota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang, di Desa Buluh Dori, Simpang Kiri Kota Subulussalam, Rabu 18 Oktober 2023.

“Untuk target waktu program TMMD ke-118, Kodim 0118/Subulussalam, rencana ini akan ditutup pada tanggal 19 Oktober 2023. Diharapkan sebelum tanggal tersebut, semua sudah rampung 100 persen,” ujar Letkol Inf. UN Wahyu Nungroho.

“Selanjutnya, adapun sasaran fisik TMMD ialah pembentukan badan jalan dari Desa Bulu Dori menuju Desa Suka Makmur, Pengerasan Badan Jalan, Pembuatan Talud, Galian Kanan Kiri Parit Jala serta Perehaban Rumah tidak layak huni (RTLH),” sambungnya.

“Sasaran non fisik diantaranya Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Bela Negara, Penyuluhan Kesehatan, Penyuluhan Narkoba dan Penyuluhan Pertanian,” ungkapnya.

Program pembangunan RTLH bagi warga kurang mampu sebanyak 10 unit yaitu tujuh unit di Desa Buluh Dori dan tiga unit di Desa Suka Makmur, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam, Aceh, Senin 2 Oktober 2023.

“Hingga hari ke-12, pembangunan RTLH sebanyak lima unit telah selesai 100% dan lima lima unit lagi masih mencapai tahap 21% dengan pemasangan dinding rumah dari batu bata,” kata Kapten Inf Gunawan,  Pasi Ter. Kodim 0118/Subulussalam.

Pembangunan jalan penghubung Desa Buluh Dori dengan Desa Suka Makmur terus dikebut pekerjaannya sebagai sasaran fisik dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), Reguler ke 118 Kodim 0118/Subulussalam, di Desa Buluh Dori, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam, Aceh, Jumat 29 September 2023.

BACA JUGA :   Pemkot Langsa Serahkan Puluhan Hewan Qurban Kepada Gampong-gampong

“Pembentukan badan jalan serta galian parit menghubungkan dua desa sepanjang 1200 Meter  yaitu Desa Buluh Dori dengan Desa Suka Makmur. Dua desa itu secara geografis dekat tapi jauh karena tidak ada jalan penghubung,” ujar Kapten Inf Gunawan.

Penyuluhan tentang dampak penyalahgunaan bahaya narkoba merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan non fisik, kegiatan TMMD ke-118 di Pesantren Radatul Jannah, Desa Subulussalam Selatan, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam, Aceh, Sabtu 30 September 2023.

“Melalui program Satgas TMMD ke-118 Kodim 0118/Subulussalam, kita dari pihak Polres Subulussalam merasa senang dan bangga telah diberi kepercayaan untuk menyampaikan dan membagi informasi tentang bahaya narkoba,” kata Bripka Agus.

Kodim 0118/Subulussalam juga menggelar lomba Variasi Peraturan Baris Berbaris (PBB) tingkat SMA/SMK di Lapangan Beringin, Puja Sera, Desa Subulussalam, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam, Aceh, Sabtu  30 September 2023.

Pelaksanaan lomba ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang bertepatan dengan perayaan HUT TNI Ke-78 tahun 2023, diperingati setiap tanggal 5 Oktober.

“Kegiatan ini guna untuk menumbuhkan kedisiplinan, kekompakan, tanggung jawab sehingga dapat membentuk karakter-karakter anak muda generasi penerus bangsa ini,” ujar Lettu Inf Hengky Sri Rahma.

Walaupun masih dalam tahap pekerjaan, namun warga sudah bisa menikmati jalan hasil program  TMMD ke -118 Kodim 0118/Subulussalam, di Desa Buluh Dori, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam, Aceh, Selasa 03 Oktober 2023.

“Pengerjaan jalan saat l ini sudah mencapai 63%, pembentukan jalan sudah 100%, penggalian parit kiri dan kanan jalan juga sudah 100%, pengerasan jalan 30% dan pembuatan talud sebanyak 20%,” kata Kapten Inf Gunawan, Pasi Ter. Kodim 0118/Subulussalam, saat sedang berada di lokasi TMMD, Sabtu 7 Oktober 2023.

BACA JUGA :   Pemuda Anti Korupsi Desak Kejati Usut Dugaan Suap Pengadaan Alkes Di Dinkes Langsa

Salah satu program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 Kodim 0118/Subulussalam, yaitu pembuatan talud penahan badan jalan yang berlokasi di Desa Suka Makmur, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam, Aceh, Minggu 08 Oktober 2023.

Ketua tim Pengawasan dan Evaluasi (WASEV) Markas Besar TNI Angkatan Darat, melakukan kunjungan di beberapa titik lokasi Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan oleh Kodim/0118 Subulussalam.

Dalam kunjungan itu, tim Wasev yang dipimpin oleh Kolonel Inf. Bambang Sulistiyantoro dan Wakatim Wasev Letkol Arm. David Eldo, meninjau langsung kegiatan Pasar murah, Pengobatan Gratis, dan RTLH di Desa Buluh Dori, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam, Aceh, Kamis 12 Oktober 2023. Tim Wasev juga melanjutkan kegiatan sosialisasi kesehatan bersama masyarakat dalam menekan angka stunting.

Penimbunan tanah dan batu di badan jalan menggunakan dump truck dan excavator untuk memudahkan pengerjaan penimbunan dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan talud jalan agar tetap kokoh dan awet, Sabtu 14 Oktober 2023.

Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dalam program TMMD ke 118 Kodim Subulussalam, milik lbu Samsiah, warga Desa Buluh Dori, sudah sampai proses pemasangan daun pintu dan jendela.

Tampak terlihat anggota Satgas TMMD Ke- 118 Kodim 0118/Subulussalam sedang dalam pemasangan daun pintu dan jendela sehingga selanjutnya akan memudahkan dalam finishing pengerjaan RTLH.

Adapun bahan digunakan, berbahan dasar kayu jati disiapkan oleh Satgas TMMD ke-118 sedang dalam proses pemasangan di Desa Buluh Dori, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam, Aceh, Senin (16/10/2023).

Proses pembangunan jalan penghubung Desa Buluh Dori dengan Desa Suka Makmur, Satgas TMMD Ke 118 Kodim 0118/Subulussalam gunakan alat berat atau ekskavator untuk pembuatan gorong-gorong di Desa Buluh Dori Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam, Selasa 17 Oktober 2023. (MAG/Khadafi)

Editor: Rahmad