Diduga SPBU Manyak Payed Terima Isi Jerigen

oleh -208.579 views
Diduga SPBU Manyak Payed Terima Isi Jerigen
Tampak dua orang sedang melakukan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi dengan menggunakan jerigen di SPBU Dua Dara nomor 14.244.456 Manyak Payed, Aceh Tamiang, Minggu 15 Oktober 2023. (Foto Mediarealitas)

Kuala Simpang | MEDIAREALITAS – Berdasarkan penyampaian masyarakat, diduga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Dua Dara, Nomor 14.244.456 Manyak Payed, Kabupaten Aceh Tamiang, bebas melakukan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi gunakan jerigen.

Pengamatan Mediarealitas di lokasi, tanpa basa-basi dengan petugas SPBU, Minggu 15 Oktober 2023, tampak tiga orang konsumen menggunakan sepeda motor, membawa jerigen tengah melakukan pengisian BBM jenis solar.

Saat wartawan coba melakukan wawancara terkait pengambilan BBM diduga subsidi, beberapa komsumen tersebut, terkesan menghindar. Mereka terlihat langsung pergi saat didatangi media.

Informasi lain diterima, di SPBU milik almarhum bekas anggota wakil rakyat Aceh Tamiang-Langsa itu, diduga kerap melayani para pengisi BBM jenis solar-pertalite, menggunakan jerigen.

Sementara, kita ketahui, bahwa SPBU hanya boleh menyalurkan Bahan Bakar Premium dan minyak solar (Bersubsidi/PSO) untuk penggunaan akhir, dan dilarang keras menjual minyak premium dan solar pada wadah kemasan/jerigen untuk dijual kembali ke konsumen.

BACA JUGA :  Pj Bupati Aceh Singkil Tunjuk Edi Widodo Jadi Plh Sekda

Namun, hal itu justru terlihat berbeda terjadi di SPBU Dua Dara Manyak Payed, Aceh Tamiang, di SPBU itu, terlihat melayani pengisian BBM dalam jerigen kepada konsumen, katanya membawa surat dari Dinas Pangan, Kelautan dan Perikanan wilayah Aceh Tamiang.

Tempat sama, Wakizan Kepala Administrasi SPBU mengaku, jika di sini melayani pengisian BBM subsidi, “Hanya kepada orang membawa dan menunjukan surat dari Dinas Pangan, Kelautan dan Perikanan Aceh Tamiang,” ungkapnya, seraya mencari surat disebutkan.

Usai menjawab konfirmasi wartawan, tak berselang lama, hadir Nazar, Pengawas SPBU mengenakan kaos berwarna hitam, langsung duduk di kursi berhadapan dengan wartawan.

Saat ditanya, ia menjawab jika di SPBU ini hanya melayani pengisian BBM subsidi, kepada orang menunjukan surat dari Dinas Pangan, Kelautan dan Perikanan Aceh Tamiang, lebih dari itu tidak ada, katanya.

Saat disinggung terkait surat Nomor: 500.5.2.14/2013, dikeluarkan pada tahun 2023, dia mengatakan ‘Itu bukan urusan saya. Di sini, asal surat dibawa, langsung BBM diisi dalam jerigen,” ungkap Nazar nada keras.

BACA JUGA :  Beri Penghormatan Terakhir, Kapolres: Semangat Dan Dedikasi Almarhum Akan Selalu Dikenang

Kemudian, pengawas SPBU itu turut menunjukan amper pengisian BBM kepada wartawan. “Coba bapak lihat langsung, supaya tidak ada manipulasi nanti,” tandasnya nada emosi, dan kembali masuk dalam ruangan kantor.

Saat menunjukan hal itu, Nazar mengaku pengawas di SPBU tersebut, sempat cekcok dengan wartawan. “Wartawan jangan gagal paham dengan apa disampaikan,” kata dia.

“Bapak jangan halangi tugas kami, dan cari-cari kesalahan kami, menyebutkan jika tidak cukup pikiran, jangan duduk sebagai wartawan,” tandas Nazar.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pengan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Tamiang, saat dikonfirmasi via WhatsApp, belum menjawab konfirmasi ini. Hanya centrang garis satu terlihat.

Hingga berita ini terbit, pihak dinas terkait belum menjawab terkait surat izin pengisian BBM dikeluarkan dinas tersebut.

Penulis: Rahmad
Editor: DEPP