Di Hari Santri Nasional, Baitul Mal Simeulue Salurkan Beasiswa

oleh -180.579 views
oleh
Di Hari Santri Nasional, Baitul Mal Simeulue Salurkan Beasiswa
Di Hari Santri Nasional, Baitul Mal Simeulue Salurkan Beasiswa (foto ist)

Simeulue | MEDIAREALITAS – Dalam rangka momentum memperingati Hari Santri Nasional tahun 2023, Baitul Mal Simeulue salurkan Beasiswa Santri Rp. 690.200.000 kepada 554 Santri, Minggu 22 Oktober 2023.

Bantuan Beasiswa Santri ini diperuntukkan kepada santri asal Simeulue yang mondok di Ponpes/Dayah di Dalam maupun Luar Daerah.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis Pj Bupati Simeulue diwakili Pj. Sekda Simeulue Asludin, dampingi Pelaksana tugas Kakankemenag Fauzan, Ketua Badan Baitul Mal Supriadi.

Selain Penyerahan Bantuan Beasiswa Santri juga dilakukan penyerahan Bantuan Operasional secara simbolis Rp. 187.000.000 untuk 21 Unit Pondok Pesantren, Madrasah, Balai Pengajian dan Panti Asuhan yang ada di Simeulue.

Ketua Badan Baitul Mal Simeulue, Supriadi, mengatakan bahwa tahun ini ‘Alhamdulillah’, “kita dapat membantu lagi anak-anak kita para santri khususnya berasal dari keluarga kurang mampu baik mondok di ponpes atau dayah di dalam maupun luar daerah”, ucapnya.

BACA JUGA :   Kejari Aceh Timur Turut Ikut Berkurban Untuk Masyarakat Sekitar, Sambut Hari Raya Idul Adha 1445 H

Bantuan itu kata Supriadi, sudah termasuk 19 santri asal Simeulue yang mondok di Pesantren Al-Fatah Temboro, Magetan Jawa Timur, ungkap Dia.

Dana Bantuan Beasiswa Santri dan Bantuan Operasional tersebut bersumber dari dana zakat Senif Ibnu Sabil dan Fi Sabilillah yang dikelola Baitul Mal Kabupaten Simeulue, ujar Supriadi

Supriadi menyebutkan, bantuan Beasiswa dan Bantuan Operasional dari dana zakat tersebut disalurkan sesuai dengan Keputusan Dewan Pengawas Baitul Mal Kabupaten Simeulue No 2 Tahun 2022 tentang penetapan program penyaluran zakat dan infak tahun 2023.

“Tentunya tak lupa pula kami mengucapkan terima kasih kepada Muzakki dan Munfiq yang telah membayarkan zakat dan infaknya melalui Baitul Mal Kabupaten Simeulue. Semoga bertambah dan berkah hartanya serta semakin banyak pula mustahik yang bisa dibantu. Muzakki berzakat, mustahik berdaya dan sejahtera,” ucap Supriadi

BACA JUGA :   Resah Dengan Judi Online, Wapres Persiraja Minta Pemerintah Dan APH Bertindak Tegas

Ia juga mengajak masyarakat Simeulue kususnya para aghniya, pedagang dan pengusaha yang hartanya sudah sampai haul dan mencapai nisab, untuk membayarkan zakatnya ke Baitul Mal Kabupaten Simeulue, yaitu melalui rekening zakat 020.01.02.580014-0 (Bank Aceh Syariah) AN. Zakat Kasda Baitul Mal Kabupaten Simeulue dan 0240081947 (Bank Syariah Indonesia) AN. Zakat Kasda Baitul Mal Kabupaten Simeulue.

Sedangkan yang ingin menyalurkan infak bisa melalui no rekening 020.01.02.580014-1 (Bank Aceh Syariah) AN. Infaq Kasda Baitul Mal Kabupaten Simeulue, pungkas Supriadi.

Editor: Rahmad
Penulis: Zulfadli