Tim PKM Unsam Mengadakan Pelatihan Quizizz dan AI

oleh -923.579 views
Tim PKM Unsan Mengadakan Pelatihan Quizizz dan AI

Langsa | MEDIAREALITAS – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Samudra mengadakan pelatihan Appsmash Quizizz dan Artificial Intelligence (AI) untuk mengembangkan pembelajaran seru dan interaktif bagi kelompok MGMP Kimia Kota Langsa, Kamis (7/9/2023).

Perkembangan teknologi yang tidak terbendung memberikan dampak secara luas, tak terkecuali pada dunia pendidikan. Revolusi Industri 4.0 yang lahir dari perkembangan teknologi yang sangat pesat telah membuka akses ke sumber daya pembelajaran yang luas melalui platform digital dan konten online.

Hal ini memungkinkan guru untuk mengakses berbagai materi pendidikan, mengembangkan kurikulum yang lebih kaya, dan memfasilitasi pembelajaran kolaboratif antar siswa. Dengan memanfaatkan teknologi dan inovasi Revolusi Industri 4.0, pembelajaran dapat menjadi lebih menarik, efektif, dan relevan dengan tuntutan dunia yang terus berkembang.

Untuk mengimbangi perkembangan teknologi tersebut, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Samudra (Unsam) yang diketuai oleh Hasby, S.Pd., M.Pkim, bersama dengan anggota yaitu Nurhafidhah, S.Pd., M.Pd., Dona Mustika, S.Pd., M.PFis., dan Muhammad Khalil, M.Pd., melaksanakan kegiatan pelatihan Appsmash Quizizz dan Artificial Intelligence (AI) bagi kelompok MGMP Kimia di Kota Langsa.

Hasby, S.Pd., M.Pkim., Ketua Tim PKM Unsam, menyampaikan bahwa “Sesuai dengan Kurikulum Merdeka, guru didorong untuk menguasai teknologi dalam pembelajaran. Sehingga kami dari Tim PKM Unsam berinisiatif untuk melakukan kerja sama dengan MGMP Kimia se-Kota Langsa untuk mengadakan pelatihan adaptasi teknologi dalam pembelajaran”.

Sementara itu, Khairani, S.T., selaku ketua MGMP Kimia Kota Langsa, memaparkah bahwa kegiatan pelatihan ini “Alhamdulillah, kegiatan ini telah memberikan manfaat yang luar biasa bagi MGMP Kimia Kota Langsa, karena disini kami mendapat pengetahuan baru tentang appsmash quizizz dan AI. Semoga dapat kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan kembali oleh tim PKM Universitas Samudra kepada MGMP di Kota Langsa.”

Universitas Samudra sebagai sentra pendidikan di wilayah timur Aceh secara konsisten terus berupaya dalam menjaga kualitas pendidikan. Komitmen tersebut salah satunya diwujudkan dengan pendanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui Lembaga Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Penjamin Mutu (LPPM-PM) Universitas Samudra dengan kontrak bernomor 722/UN54.6/PM/2023.

“Kegiatan pelatihan seperti ini nantinya akan kita laksanakan secara berkelanjutan dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi terbaru dalam pembelajaran. Sehingga Guru-guru, khususnya yang berada di Kota Langsa, akan selalu update dalam mengadopsi teknologi pembelajaran,” ujar Hasby. (*)