FKM UTU Meulaboh Lakukan Penelitian Di Aceh Singkil

oleh -131.579 views
FKM UTU Adakan penelitian
Foto Istimewa

Aceh Singkil | Realitas – PJ Bupati Aceh Singkil, diwakil Sekda Drs. Azmi, M.A.P buka Forum Diskusi Group (FGD) penelitian Analisis Determinan dan Penyusunan Police Brief Percepatan Penurunan Stunting di kabupaten Aceh Singkil diselenggarakan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh Aceh barat, di Op-Room Kantor Bupati, Jumat, (7/10/2022).

Adapun para tim penelitian sebanyak 13 orang, ketua Tim Adelina Irmayani Lubis, SKM, MKM, anggota masing-masing; Khairunnas, DCN. M.Kes, Enda Silvia Putri,SKM., M.Kes, T.Muliadi,S.Tr.Gz.,MKM, Suci Eka Putri,S.Gz., M.Gz, Hanif Muchdatul Ayunda,S.TP, M.Si, Laila Apriani Hasanah Harahap,SKM,MKM, Safrida,S.TP, M.Si, Via Aprilla Sari,S.Tr.Gz, Nasriyanti Syam, M.Si, Ishalyadi,M.Kes, Azwar, M.PH dan Arif Iskandar, MKM.

“Inilah kami seluruhnya yang akan melakukan penelitian di Kabupaten Aceh Singkil, mohon dukungan sepenuhnya dari Pemerintah Kabupaten Aceh ” pinta Adelina Irmayani Lubis.

Sekda Aceh Singkil Drs. Azmi, M.AP dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Universitas Teuku Umar yang terus konsisten dalam upaya kampanye pencegahan dan penurunan angka stunting di wilayah Aceh, khususnya Kabupaten Aceh Singkil, yang selaras dan sejalan dengan program Pemerintah Aceh Gerakan Imunisasi dan Stunting Aceh (GISA).

“Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Universitas Teuku Umar yang terus konsen dalam upaya kampanye pencegahan dan penurunan angka Stunting di kabupaten aceh Singkil, apalagi ini sejalan dengan program Pemerintah Aceh Gerakan Imunisasi dan Stunting Aceh (GISA)”, ucap Azmi.

Lebih lanjut dia juga berharap adanya penelitian lanjutan untuk mendalami permasalahan stunting di tengah-tengah masyarakat, sehingga langkah dan kebijakan bisa diambil secara cepat, terukur dalam mencegah dan menurunkan angka Stunting di Aceh Singkil.

Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil akan terus mendukung penelitian ini secara berkelanjutan di tengah-tengah masyarakat, sehingga Pemerintah bisa mendapat masukan-masukan konstruktif dalam mengambil langkah dan kebijakan yang cepat dan tepat dalam mencegah dan menurunkan angka Stunting di Kabupaten Aceh Singkil,“ ujar Azmi.

Sebelum mengakhiri sambutannya Azmi, menyampaikan harapan kepada Khairunnas, DCN., M.Kes Ketua Program Studi Gizi yang mewakili rector Fakultas Kesehatam Masyarakat UTU Meulaboh agar ada metodelogi tepat yang dapat dilakukan dalam penelitian ini, sehingga bisa bermanfaat untuk masyarakat Aceh Singkil.

Adelina Irmayani Lubis, SKM, MKM sebagai Ketua Peneliti menyampaikan tujuan dilaksanakan FGD ini adalah untuk melihat apa saja program yang sudah dijalankan, kendala, dan rekomendasi kebijakan dimasa akan datang terkait program Stunting yang dijalankan oleh setiap instansi, paparnya.

Sedangkan hasil dari FGD rancangan Police Brief nya kami akan analisis terlebih dahulu dan akan kami sampaikan kepada bapak Pj Bupati Aceh Singkil nantinya setelah kami dapatkan hasil penelitian insya’Allah dalam waktu satu bulanan ini kami analisis terlebih dahulu sebelum kami laporkan.

“Penelitian itu nantinya akan berlangsung hingga bulan Desember 2022 kedepan sedangkan sasaran penelitian ini adalah selurh masyarakat di wilayah Kabupaten Aceh Singkil jelas Adelina Irmayani Lubis”, tutupnya. (*)