IKLAN YARA

Pemanfaatan Cangkang Kerang Sebagai Bahan Baku Cat Kapur

oleh -99.489 views
UPDATE CORONA

Langsa I Realitas РKolabarasi Dosen Fakultas Hukum dan Fakultas Teknik Universitas Samudra  melakukan pengabdian kepada masyarakat di Gampong Kuala Langsa Kecamatan Langsa Barat denganjudul Pemanfaatan cangkang kerang sebagai bahan baku cat kapur.

Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dilakukandi Aula Kantor Geuchik Gampong Kuala Langsa mulaipukul 09.00 WIB sampai selesai dengan memberikan pengetahuan dan cara pembuatan cat kapur yang berbahan dasar dari cangkang kerrang.

Disini pengabdian dilakukan untuk memberikan alternatif dapat memproduksi cat dinding sendiri dengan memanfaatkan bahan yang ada disekitarnya menjadi bahan baku dalam pembuatan cat.

Jumlah sumberdaya yang tidak takterbatas harus dapat ditanggulangi dengan memanfaatkan bahan-bahan lain yang tersedia di alam.

Menurut Ketua Pengabdian Rini Fitriani,S.H.,M.H. bahwa Pengabdian kepadamasyarak atini bertujuan memperkenalkan pengolahan limbah cangkang kerang menjadi cat dinding.

Cat dinding yang dihasilkan merupakan cat dinding yang alami dan ramah lingkungan, pemanfaatan limbah cangkang kerangyang tidak terkira jumlahnya sehingga dapat bermanfaat bagimasyarakat dengan menggunkan produk sendiri dari bahan yang tersedia disekelililng masyarakat dan juga bisa menjadi tambahan pendapatan bagi masyarakat Gampong Kuala Langsabersama BUMG mengembangkan usaha pembuatan cat kapur yang dapat dipasarkan di wilayah Kota Langsa.

Selain itumenjaga kelestarian lingkungan dari limbah cangkang kerang yang menumpuk sehingga gampong Kuala Langsa menjadi Gampong yang tetap kebersihannya.

Anggota pengabdian Ellida Novita L,.S.T.,M.Eng merupakan Dosen Fakultas Teknik memberikan penjelasan proses pembuatan cat kapur secara rinci dengan memperkenalkan bahan-bahan campuran yang nantinya masyarakat mudah mendapatkannya.

Cangkang kerang yang ada selama ini tidak di manfaatkan hanya sebagailimbah Padahal dalam cangkang kerang terbentuk dari kapur dan sedikit bersifat silika seperti pada semen. Jadi mempunyai kemampuan mengikat yang tinggiji kadicampur air.

Antusias masyarakat dalam pelaksanaan pengabdian ini cukup baik dan didukung oleh aparatur Gampong, harapan tim pengabdian supaya masyarakat dapat merealisasikan memanfaatan limbah cangkang kerang.