Kongres HMI Digelar, Firman Kurniawan Said; HMI Butuh Jawaban Konkret

oleh -358.489 views
kongres

IDUL FITRI

Jawa Timur I Mediarealitas.com – Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) menggelar kongres XXXI di Surabaya, Jawa Timur, yang dibuka oleh Presiden Jokowi pada Rabu (17/3) lalu.

Dalam kongres tersebut, telah muncul banyak kader-kader terbaik dari seluruh cabang-cabang HMI sebagai kandidat Ketua Umum PB HMI. Salah satunya adalah Firman Kurniawan Said, salahsatunya.

REALITAS TV

Menurut Firman, kongres yang idealnya adalah wadah untuk adu gagasan, haruslah menjawab dan memberi solusi atas permasalahan-permasalahan organisasi. Menurutnya, salahsatu yang bisa diprioritaskan adalah wacana teknologi dan digital.

“Ada banyak masalah organisasi yang bisa diselesaikan dengan Teknologi” kata Firman, Kepada Wartawan Minggu (21/3/2021).

Bayangkan saja, lanjutnya, dengan teknologi masalah database yang setiap perhelatan kongres selalu dinilai bermasalah dikarenakan kusutnya data-data kader HMI, tentunnya bisa diatasi.

Begitu juga, sambungnya, dengan masalah-masalah lain seperti perkaderan yang mandek, hingga permasalahan politik cabang, bisa diselesaikan atau paling tidak diminimalisir.

“Karenanya, tidak ada alasan untuk menolak digitalisasi di lingkungan HMI” katanya.

Firman menyebutkan, bahwa ia, sebagaimana tradisi kongres HMI, berupaya hadir dengan konsep-konsep besar dan filosofis. Tapi menurutnya, itu saja tidak cukup, ketua umum HMI harus mengerti mengenai yang praktis dan rigit.

“Baru-baru ini kita bahkan berdiskusi dengan Franz Magnis Suseno, terkait filsafat teknologi.

Tapi, sembari terus memperluas cakrawala pikiran, kita juga harus bicara detail dan praktis. Apa masalah HMI? Apa yang dibutuhkan HMI? Bagaimana langkah-langkah kemajuan HMI?” Katanya Firman.

Karenanya, secara konsep filosofis, saya telah tuangkan dalam buku saya (Episentrum Intelektual; Meretas Zaman Menuju Indonesia Emas), dan secara praktis dan konkret, kami akan menghadirkan aplikasi e-HMI, yang akan kami tawarkan kepada peserta kongres Surabaya ini.

“Mock-up aplikasinya sudah tersedia, kami akan presentasikan itu. Dan semoga diterima oleh peserta kongres” harap Firman Kurniawan Said. (Wildan)

UPDATE CORONA