Gunung Alur Naga Tapaktuan Dilalap Sijago Mereh

oleh -194.579 views
oleh

ACEH SELATAN | REALITAS:Sekitar pukul 21.00 WIB Senin (29/01/2018) malam, di Gunung Alur Naga, kawasan Gampong Panjupian Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, hangus di mangsa sijago merah.

Menurut keterangan yang berhasil dihimpun media ini, kebakaran disemak belukar tersebut diduga, ada percikan api konslet kabel listrik yang melintang di pegunungan itu. Sehingga melalap kayu kering dan semak belukar.

Pada saat api sedang mengepung gunung tersebut yang terletak pada lintasan Tapaktuan-Subulussalam, pihak BPBD Aceh Selatan mengerahkan satu unit armada Pemadam Kebakaran (Damkar) Pos Induk Tapaktuan ke lokasi. Proses pemadaman masih berlangsung hingga pukul 22.10 WIB.

BACA JUGA :   Pemilik Akun Facebook Bodong Divonis 1,8 Tahun Penjara

Kobaran api di ketinggian 20 meter dari permukaan jalan itu, menyulitkan personil Damkar BPBD untuk melakukan pemadaman.

Sehingga beberapa personil Damkar terpaksa memanjat tebing pergunungan dan menarik slang air. Sehingga api berhasil dijinakan sekitar pukul 22.40 WIB.

Kapolres Aceh Selatan, AKBP Dedi Sadsono, ST, turun langsung kelokasi untuk melihat proses pemadaman api. Juga terlihat dilokasi, Danramil 01/Tapaktuan, Kapten Inf Amri Umari dan Manejer PLN Rayon Tapaktuan, Komaruddin.

BACA JUGA :   Modus Penipuan Catut Nama Haji Uma Kembali Terjadi

Manajer PLN Rayon Tapaktuan, Komaruddin dihubungi wartawan mengatakan, kemungkinan penyebab kebakaran adanya kabel listrik mengalami konslet akibat ditimpa pohon. Namun, untuk mencegah meluasnya titik api, aliran listrik di kawasan itu telah diputuskan.

“Pemutusan jaringan hanya di kawasan pegunungan ini saja. Gampong Batu Itam dan Gampong Panjupian, arus listrik tetap menyala seperti biasa,” ujarnya, seraya menambahkan, besok hari ini Selasa (30/01/2018) pihaknya akan memperbaiki kabel listrik di atas pegunungan.(MR.ZULMAS)