Bustami Hamzah Akan Bertindak Sebagai Inspektur Upacara di HUT Aceh Singkil

oleh -71.579 views
Bustami Hamzah Akan Bertidak Sebagai Inspektur Upacara di HUT Aceh Singkil
Foto: Pj Bupati Aceh Singkil, Drs Azmi, saat memimpin rapat persiapan HUT 25 tahun Aceh Singkil di Of Room Setdakab setempat, Rabu 17 April 2024. (DOK MEDIAREALITAS)

Aceh Singkil | MEDIAREALITAS – Memperingati hari jadi (HUT) 25 tahun Aceh Singkil, 27 April 2024 dan dirangkaikan Haul ke 339 Syekh Abdurrauf As-Singkil dengan acara pembacaan menaqib (biografi), munajat dan doa.

Selain itu, juga akan melakukan ziarah ke makam orang tua Syekh Ali Fansuri di Desa Tanjung Mas, Kecamatan Simpang Kanan, Aceh Singkil.

Ungkapan ini mencuat dalam rapat persiapan hari ulang tahun (HUT) ke-25 Aceh Singkil yang dipimpin Pj. Bupati Aceh Singkil, Drs Azmi, di Of Room Setdakab setempat, Rabu 17 April 2024.

HUT ke-25 Aceh Singkil mengusung tema Aceh Singkil Adil dan Bertambat Dalam Spirit Syekh Abdurrauf As-Singkili.

Dikesempatan itu Drs Azmi menginformasikan, HUT ke-25 Aceh Singkil itu, akan dihadiri Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah dan rombongan dengan agendanya, menjadi inspektur upacara, dilanjutkan meresmikan Jembatan Singkil-Kayu Menang.

BACA JUGA :  Ketua YARA Langsa Desak Kapolda Dan Ditreskrimsus Polda Aceh Tangkap Pemilik Tanah Minyak Ilegal Gampong Alur Canang

Selain itu, Pj. Gubernur dan rombongan akan melakukan ziarah ke makam Syekh Ali Fansuri dan kunjungan kerja ke Kepulauan Banyak.

“Jumat, 26 April Gubernur dan rombongan tiba di Singkil, malamnya menghadiri Haul Syekh Abdurrauf, paginya upacara. Seusai upacara meresmikan Jembatan dan berziarah. Sorenya atau malam Minggu, langsung berangkat ke Pulau Banyak,” jelas Azmi.

Dengan adanya Haul Syekh Abdurrauf As-Singkili yang dirangkai pada HUT ke-25 Aceh Singkil, mendapat dukungan penuh dari elemen masyarakat Aceh Singkil.

Dukungan tersebut disampaikan Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Singkil, Ustaz H Roesman Hajmy dan beberapa pimpinan pondok pesantren Aceh Singkil.

BACA JUGA :  M Nasir Djamil Anggota DRP RI Komisi III: Pusat Harus Serius Majukan Kuala Langsa

Ia mengatakan MPU Aceh Singkil sebagai tempat bernaungnya ulama mendukung acara haul yang dirangkai dengan HUT Aceh Singkil dan siap berpartisipasi dan menjadi bagian dari kegiatan.

H Roesman Hasjmy, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Aceh Singkil yang telah memprogramkan Haul Syekh Abdurrauf demi mengenang kisah dan kiprah Syekh Abdurrauf sebagai ulama di dunia.

“Dengan diadakannya Haul Syekh Abdurrauf As-Singkil akan banyak hikmah yang bisa kita petik, “katanya.

Sementara itu, salah seorang mubalig Aceh Singkil, Ustaz Khalidin mengatakan, dengan diadakannya Haul Syekh Abdurrauf As-Singkili, generasi muda akan tahu, bahwa ulama yang kesohor di Nusantara dan pernah menjadi Mufti Malikul Adil di Kesultanan Aceh Darussalam, berasal dari Aceh Singkil.

Penulis: Rostani