Membangun Sinergi Untuk Suksesnya Pemilu, Polres Mimika Gelar Tatap Muka Bersama Media

oleh -28.579 views
oleh
Membangun Sinergi Untuk Suksesnya Pemilu, Polres Mimika Gelar Tatap Muka Bersama Media

Jayapura | MEDIAREALITAS – Polres Mimika menyelenggarakan pertemuan dalam rangka Cooling System bersama insan media se-Kabupaten Mimika di Hotel Horison Ultima, Jalan Hasanudin, pada hari Senin, 23 Oktober 2023.

Pertemuan tersebut dipimpin Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra, dan dihadiri oleh tiga narasumber serta 40 orang dari berbagai media, baik media online maupun cetak.

Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra, menjelaskan bahwa pertemuan ini merupakan bagian dari upaya menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Mimika dan memperkuat hubungan dengan insan media.

“Kami bertemu untuk bertukar pikiran terkait pelaksanaan Pemilu tahun 2024. Harapannya, kami dapat menciptakan iklim yang kondusif selama Pemilu berlangsung,” kata Kapolres.

Selain pemerintah, keamanan, dan penyelenggara Pemilu, media juga memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemilihan umum.

Misba Latuapo dari Media Seputar Papua, sebagai salah satu narasumber, menyoroti pentingnya profesionalisme dalam jurnalisme selama Pemilu. Ia mengingatkan bahwa setiap wartawan harus berpegang pada kode etik jurnalistik yang berlaku.

Misba juga membahas perubahan situasi Pemilu dari lima tahun sebelumnya hingga Pemilu 2024. Ia menyoroti dampak perkembangan teknologi yang memungkinkan akses informasi dari berbagai platform media sosial.

Ia juga mengingatkan akan potensi penyebaran hoaks di media sosial dan mengajak wartawan untuk bersaing dengan “citizen jurnalis” dalam memerangi berita palsu.

Narasumber lainnya, Sampe Sianturi dari Media Antarapua, menekankan pentingnya independensi media dalam menyajikan berita yang seimbang. Ia menggarisbawahi pentingnya konfirmasi dan crosscheck dalam jurnalisme.

Konferensi ini menegaskan peran penting media dalam menginformasikan publik selama Pemilu 2024 dan memberikan wawasan untuk melaporkan dengan integritas dan akurasi.

Pemerintah dan pemerintah daerah diharapkan untuk mendukung Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam menjalankan tugasnya sesuai peraturan yang berlaku. Konferensi ini dianggap penting untuk memperkokoh peran FKUB dalam menjaga kerukunan umat beragama selama Pemilu serentak tahun 2024.