Kapolda Papua: Situasi Kamtibmas di Papua Terkendali Selama Masa Penghitungan Suara

oleh -120.579 views
oleh
Kapolda Papua: Situasi Kamtibmas di Papua Terkendali Selama Masa Penghitungan Suara
Foto: Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri,

Jayapura | MEDIAREALITAS – Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, memberikan tanggapannya terkait situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Wilayah Hukum Polda Papua pada Jumat 8 Maret 2024.

Ia menjelaskan bahwa meskipun ada beberapa kejadian dalam 4 hari terakhir seperti yang terjadi di Timika, Tolikara, Wamena, dan Yahukimo, namun situasi tersebut masih dapat dikendalikan oleh aparat keamanan.

“Secara khusus, di Provinsi Papua, terutama di beberapa Provinsi DOB, tidak ada kejadian yang signifikan, sehingga kami memastikan bahwa situasi secara keseluruhan berjalan kondusif,” ucapnya.

Dalam masa pleno penghitungan suara yang dilakukan dalam 2 hari terakhir, Kapolda berharap agar proses tersebut berjalan lancar tanpa adanya gesekan atau peristiwa yang dapat memicu kerusuhan.

“Saya menegaskan bahwa Pemilu telah berakhir pada tanggal 14 Februari lalu, sehingga para calon legislatif diharapkan dapat mengawal hasil perolehan suara dengan cara-cara yang beretika,” tegasnya.

Ia berharap agar tidak ada lagi konflik atau kejadian yang melebihi apa yang telah terjadi sebelumnya, dan mengajak semua pihak untuk mengikuti prosedur yang berlaku dalam penyelenggaraan pemilihan.

Irjen Pol. Mathius juga mengucapkan terima kasih kepada semua calon legislatif dan masyarakat yang masih menjunjung tinggi etika dalam proses ini. Ia menekankan pentingnya kerjasama antara pihak kepolisian dengan Pangdam untuk memastikan keamanan dan ketertiban di seluruh wilayah Papua.

“Sebagai Kapolda Papua, saya juga menegaskan bahwa proses demokrasi telah selesai, dan jika ada dugaan kecurangan, masyarakat diimbau untuk melaporkannya kepada lembaga terkait, seperti Bawaslu atau DKPP, tanpa melanggar hukum,” pungkasnya.

Editor: Rahmad