Dua Bus di Senegal Terbalik, Puluhan Orang Tewas

oleh -153.579 views
Dua Bus di Senegal Terbalik, Puluhan Orang Tewas
Bus di Senegal Terbalik

Dakar| Realitas – Dua bus di Senegal terbalik setelah mengalami kecelakaan maut dan menyebapkan 4o orang meninggal dunia, peristiwa itu terjadi pada hari Minggu (8/1/2023).

Selain menewaskan puluhan orang, insiden tersebut juga membuat puluhan orang lainnya luka-luka.

Para korban luka-luka telah dirujuk ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Dikutip dari BBC, investigasi awal mengatakan bahwa salah satu bus yang terlibat dalam kecelakaan tersebut mengalami pecah ban dan sang pengemudi tidak bisa mengendalikan laju bus hingga menabrak bus lain dari arah yang berlawanan.

Prihatin atas banyaknya korban tewas dan luka pada kejadian tersebut, Presiden Senegal Macky Sall menyampaikan duka cita kepada keluarga para korban dan mengumumkan masa berkabung nasional selama tiga hari.

BACA JUGA :  Anggota PWI Demo Desak Kongres Luar Biasa Digelar

“Saya sangat sedih dengan kecelakaan lalu lintas yang tragis ini, di mana 40 orang meninggal dan banyak yang terluka parah,” kata Sall.

“Saya mengirimkan belasungkawa yang tulus kepada keluarga para korban dan berharap yang terluka segera pulih,” tambahnya.

Kecelakaan Bus di Perbatasan Kenya-Uganda

Selain di Senegal, kecelakaan yang melibatkan bus juga terjadi di perbatasan antara Kenya dan Uganda pada Minggu (8/1/2023).

Mengutip Aljazeera, kecelakan tersebut membuat 21 orang meninggal dunia dan 49 orang lainnya mengalami luka-luka.

Juru bicara kepolisian daerah Uganda Rogers Taitika mengatakan bahwa sebagian besar dari mereka yang tewas merupakan warga negara Kenya dan delapan lainnya merupakan warga negara Uganda.

BACA JUGA :  Wakil Presiden RI Ke-9 Hamzah Haz Meninggal Dunia

Berdasarkan investigasi awal, kecelakaan tragis itu bermula ketika pengemudi bus terlibat kebut-kebutan dengan kendaraan lainnya.

Pengemudi bus mendadak hilang kendali dan membuat bus itu menabrak pembatas jalan hingga akhirnya terguling.

“Temuan awal mengindikasikan adanya kelalaian dari sopir bus,” kata Taitika.

Pada 6 Januari lalu, sebuah bus yang membawa puluhan penumpang menabrak sebuah truk stasioner di dekat kota Gulu, Uganda utara. Insiden ini membuat 16 orang meninggal dunia.

Seiring dengan banyaknya kasus kecelakaan yang terjadi, pemerintah Uganda berencana mengeluarkan aturan baru demi menekan angka kecelakaan di jalan raya. (*)

Sumber: tribun