IKLAN YARA

Mendongkrak Eksistensi Budaya Melayu, USU Gelar Program PKM di Madrasah Aliyah Al Fajri Tanjung Balai

oleh -25.579 views
Tim PKM FIB USU

Medan I Realitas – Universitas Sumatera Utara melakukan kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan di Tanjung Balai pada Selasa (19/7/2022) lalu.

Pelaksanaan program ini dilaksanakan selama 5 hari dengan tujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman awal tentang eksistensi budaya Melayu yang mulai hilang di kalangan remaja.

Kegiatan PKM ini melibatkan antara dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara dengan mitra Madrasah Aliyah Al Fajri di Tanjungbalai.

Melihat tingginya proses modernisasi di kalangan remaja, Tim PKM berperan sebagai fasilitator yang mengakomodasi sarana dan prasarana pembuatan konten digital dalam menyalurkan minat berbudaya Melayu terhadap siswa/i Madrasah Aliyah di Tanjungbalai.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh tiga orang dosen dan empat orang mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, yaitu, Dra. Nina Karina, M.SP. sebagai ketua tim PKM, Dr. Alemina Br. Perangin-angin, S.S., M.Hum sebagai anggota 1 PKM, dan Fikry Prasetya, S.S., M.Si. sebagai anggota 2 PKM. Kemudian empat orang mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan PKM ini adalah Rosmina (Prodi Sastra Inggris), Nanda Ayu Azzahra (Prodi Sastra Inggris), Indah Putri Tamala (Prodi Sastra Inggris), dan Juwita Pobian Lubis (Prodi Sastra Inggris).

Dra. Nina Karina, M.Sp, Ketua Tim PKM USU memberikan kata sambutannya

Ketiga mahasiswa melakukan observasi awal ke sekolah Madrasah Aliyah Al Fajri Tanjungbalai. Mahasiswa yang datang disambut dengan baik oleh pihak sekolah.  Ali Sobri, kepala sekolah MA Al Fajri menyetujui kerjasama yang akan dilakukan tim PKM di Madrasah Aliyah yang ia pimpin.

Ali Sobri, kepala sekolah MA Al Fajri memberikan kata-kata sambutannya

“Saya sangat senang atas kedatangan pihak USU dan akan membantu mensupport kegiatan ini semampu kami”, ujar  Ali Sobri saat itu. Ia juga memperkenalkan dua guru pembimbing yang akan mendampingi kegiatan tim PKM dengan siswa/i MA Al Fajri Tanjungbalai, Rita Mahinun S.Pd., yang membantu dalam penyediaan kostum siswa, kemudian Tina Marnida S.Pd., yang selalu tampil ceria dan dekat dengan murid-muridnya itu banyak membantu dalam melatih tim tari dan mendongeng.

Para dosen beserta mahasiswa juga memberikan pengetahuan seputar budaya Melayu kepada siswa/i MA Al Fajri Tanjungbalai, terdapat pula kegiatan lain seperti persembahan tari Melayu, berbalas pantun Melayu, dan mendongeng.

Persembahan tarian Melayu

 

 

Penyerahan plakat dari Tim PKM USU, Dr. Alemina Br. Perangin-angin, S.S., M.Hum kepada Ali Sobri, kepala sekolah

Tim PKM bekerja sama dengan mitra Madrasah Aliyah Al Fari Tanjungbalai dengan pandangan bahwa masing-masing elemen yang terlibat dapat memberikan kontribusi untuk peningkatan minat berbudaya Melayu di kalangan remaja SMA. Digitalisasi budaya Melayu secara menyeluruh diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan kearifan lokal budaya Melayu kepada siswa/i di MA Al Fajri Tanjungbalai.

Kedepannya, kawasan Tanjungbalai dapat menjadi wilayah percontohan untuk wilayah-wilayah yang memiliki persoalan rendahnya ketertarikan terhadap kearifan lokal budaya Melayu.

Penulis : Dra. Nina Karina, M.Sp
Editor  : Amanda Bunga Maharani