IKLAN YARA

Inspektur Jenderal Kemenkumham RI Dan Gubernur Riau Resmikan Masjid AT-Taubah

oleh -44.489 views
Inspektur Jenderal Kemenkumham RI Dan Gubernur Riau Resmikan Masjid AT-Taubah
UPDATE CORONA

Pekanbaru I Realitas – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas II B Rumbai kota Pekanbaru akhirnya telah memiliki rumah ibadah bagi umat muslim dan terdapat juga fasilitas halaman parkir kendaraan yang sangat luas.

Keberadaan Masjid AT Taubah tersebut tentu akan memberikan manfaat bagi seluruh pegawai Lapas Narkotika Kelas II B Rumbai serta Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang beragama Islam dalam mendekatkan diri kepada sang pencipta yakni Allah SWT.

Hal ini disampaikan langsung oleh Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI Ir. Razilu M.Si ketika melakukan rangkaian kunjungan kerjanya ke Provinsi Riau tepatnya ke Lapas Narkotika Kelas II B Rumbai pada Selasa (19/10/21).

“Atas nama Kementerian Hukum dan HAM RI, kami menyampaikan penghargaan setinggi tingginya kepada pihak Bank Riau Kepri yang telah memberikan bantuan anggaran pembangunan Masjid AT Taubah serta membangun fasilitas halaman parkir untuk kendaraan.

BACA JUGA :   Sudah Hampir Satu Bulan, Semen di Kota Langsa Langka

Dan juga kepada Pemerintah Provinsi Riau khususnya kepada Gubernur Riau, kami sangat berterimakasih sekali atas perhatiannya yang telah memberikan dukungan fasilitas bagi penunjang kelancaran tugas dan kerja,” ujar Razilu.

Ia juga berpesan kepada seluruh petugas agar nantinya dapat memanfaatkan fasilitas rumah ibadah serta halaman parkir kendaraan sebagai upaya mewujudkan pelayanan kepada masyarakat Provinsi Riau khususnya kota Pekanbaru yang akan melakukan kunjungan di Lapas Narkotika Kelas II B Rumbai.

“Dalam konteks penyelenggaraan pemasyarakatan, bahwa kehadiran Masjid dapat menjadi suatu kebutuhan penting bagi warga binaan pemasyarakatan dan juga petugas untuk meningkatkan iman dan takwa, sehingga dapat membentuk moral dan etika yang baik.

Maka demikian, marilah kita bersama menjaga fasilitas ini dengan sebaik-baiknya,” pesan Razilu.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar M.Si mengatakan bahwa pembangunan Masjid AT Taubah dan fasilitas halaman parkir tersebut dianggarkan melalui bantuan dana dari Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Riau Kepri.

BACA JUGA :   Habib Rizieq Mendadak Sampaikan Ini

“Ide pembangunan Masjid ini berawal dari kunjungan Menteri Hukum dan HAM RI Bapak Yasonna Laoly ketika berkunjung Ke Riau.

Alhamdulillah, pada hari ini telah kita saksikan bersama serah terima kedua bantuan pembangunan tersebut dari pihak Bank Riau Kepri kepada pihak Lapas Narkotika Kelas II B Rumbai. Mudah-mudahan bangunan ini dapat bermanfaat bagi seluruh petugas, warga binaan, maupun masyarakat yang akan berkunjung kesini,” sebut Gubernur Riau.

Masih di yang sama, Kepala Kanwil Hukum dan HAM Provinsi Riau Pujo Harinto berharap adanya Masjid AT-Taubah dilingkungan Lapas Narkotika Kelas II B Rumbai dapat lebih membantu warga binaan untuk bisa melakukan introspeksi diri.

“Sesuai dengan nama Masjid ini, kita semuanya akan selalu berharap warga binaan dapat bertaubat serta membawa kebaikan dan nantinya tidak akan mengulangi perbuatannya kembali ketika berada dilingkungan masyarakat,” sebut Pujo Harinto.

BACA JUGA :   Ditinggal Salat, Mobil BMW di Banyumas Ludes Terbakar

Adapun dari cerita Kalapas Narkotika Kelas II B Rumbai Robinson Perangin Angin keberadaan Masjid sangat dibutuhkan sekali, hingga akhirnya dapat terlaksana di tahun 2021 yang memiliki banyak manfaat bagi seluruh warga binaan dan petugas yang bekerja.

“Dengan adanya Masjid ini, kita akan menghimbau warga binaan dan petugas yang beragama islam untuk melaksanakan sholat fardhu berjama’ah, mengikuti siraman rohani dengan mengundang para Ustadz. Yang tujuannya agar mereka bisa memperbaiki diri dengan mengingat Tuhan disetiap waktu,” jelas Robinson.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti peresmian bangunan Masjid AT-Taubah oleh Inspektur Jenderal Kementerian Hukum serta HAM RI Ir. Razilu M.Si dan Gubernur Riau Syamsuar M.Si dan diakhiri dengan makan siang bersama. *(mirza)