IKLAN YARA

45 Kg Ganja Kering dari Aceh Diamankan BNN Jambi

oleh -78.489 views
45 Kg Ganja Kering dari Aceh Diamankan BNN Jambi
ilustrasi Ganja
UPDATE CORONA

Jambi I Realitas – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jambi berhasil menghentikan penyelundupan ganja kering yang dapat beredar dari Aceh melalui Jambi. Penyelundupan 45 kg ganja kering dari Aceh.

“Sabu seberat 45 kg diamankan dari seorang kurir bernama Andika Noor Pratama, saat pengambilannya menggunakan bus antar kota antar provinsi. Penangkapan dilakukan setelah sebulan memantau gerak-gerik pelaku,” kata Kabid Berantas BNNP Jambi, Kombes Guntur Aryo Tejo kepada wartawan, Senin (10/4/2021).

Penyelundupan ganja gagal setelah petugas BNN menemukan informasi masuknya ganja dari jalur darat menuju Jambi. Petugas yang bergerak cepat kemudian melakukan pemeriksaan ketat di setiap akses jalan menuju Jambi hingga akhirnya petugas berhasil menemukan barang bukti sabu yang dibungkus dan ditaruh di bagasi bus.

BACA JUGA :   Oknum Wartawati Catut Nama Anggota Polisi Segera di Proses Hukum

“Untuk melecehkan petugas, pelaku sengaja mengemas sabu-sabu dalam satu karton kemudian dimasukkan ke dalam dua karung,” kata Guntur.

Pelaku juga sengaja mengolesi karung dengan bau ikan asin agar baik pemilik bus maupun petugas tidak dapat dicurigai. Hanya saja, petugas yang mendapatkan informasi tersebut tak mau repot setelah berhasil memeriksa tas berisi ganja kering.

BACA JUGA :   Kapolri dan Panglima TNI Tutup Diklat Sespimti

“Ini cara tersangka melecehkan petugas, memang kemasan barang buktinya mengeluarkan bau ikan asin ya itu modusnya,” kata Guntur.

Dalam satu kali pengiriman ganja, tersangka bernama Andika yang merupakan kurir menerima gaji Rp 10 juta. Bahkan Andika sudah dua kali melakukan pengiriman, dimana sebelumnya ia berhasil mengirimkan sekitar 50 Kg ganja, yang dibawa melalui lintas barat, ke Lampung dan ke Jawa.

“Pertama kali kita kabur, kedua kali berhasil kita tangkap, tersangkanya juga warga Desa Cikundul, Lembur Situ, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Nanti kita kembangkan lagi siapa pemilik atau kota barang ini, ” kata Guntur.

Dari hasil penggeledahan ganja ini, BNN juga mengamankan 1 unit handphone dan tiket penumpang serta nomor bagasi. Selanjutnya untuk pengembangan kasus ini, tersangka masih dalam pemeriksaan lebih lanjut. (dtc)