IKLAN YARA

Hujan Deras Guyur Aceh Tenggara, 688 Warga Terpaksa Mengungsi

oleh -157.579 views
Hujan
Banjir bandang melanda delapan desa di Kecamatan Bambel, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh. Foto: Dokumentasi BPBA.

Aceh Tenggara I Realitas – Hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, menyebabkan banjir bandang di dua kecamatan dan delapan desa, Sebanyak 688 jiwa terdampak.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas, mengatakan banjir bandang terjadi pada Minggu dini hari, 16 Mei 2021, pukulĀ  02.11 WIB.

“Akibat intensitas hujan yang tinggi menyebabkan debit air sungai naik sehingga air meluap ke delapan desa di dua kecamatan, Kecamatan Deleng Pokhkison dan Kecamatan Bambel,” ujar Ilyas, kepada Wartawan, Senin 17 Mei 2021.

BACA JUGA :   Jangan Sampai Kasus Brigadir J Rusak Citra Polri

Lebih lanjut Ilyas mengatakan, tujuh kecamatan yang terendam banjir di Kecamatan Deleng Pokhkison yakni Kecamatan Deleng Pokhkison, Desa Lawe Harum, Desa Salang Baru, Desa Gusung Batu, Desa Tualang Lama, Desa Penampakan, Desa Kaya Pangur, dan Desa Kati Jeroh. Kemudian satu di Kecamatan Bambel yaitu Desa Pinding.

BACA JUGA :   Polisi Sita 17 Paket Sabu, Si Ham DPO

“Sehingga mengakibatkan dampak material dari banjir bandang yaitu terendamnya rumah warga, dan korban terdampak sebanyak 241 Kepala Keluarga (KK) dengan 688 jiwa,” ujar Ilyas.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tenggara telah mengerahkan anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi untuk meninjau situasi terkini dan melakukan upaya pembersihan tumpukan material. Sementara, para warga yang terdampak mengungsi ke rumah kerabat terdekat.

BACA JUGA :   Sedang Patroli, WH Aceh Tamiang Amankan Sejoli Dalam Kamar

“Kondisi terakhir, saat ini debit air sudah mulai surut tapi sebagian rumah masih tergenang air,” tutup Ilyas. (*)