Guru Besar Fakultas Ekonomi UI : Kolaborasi Lembaga Keuangan Bisa Buka Akses Kredit Ultra Mikro

oleh -108.489 views
Guru

IDUL FITRI

Jakarta I Mediarealitas.com – Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas (UI) Indonesia Rofikoh Rokhim mengatakan kolaborasi berbagai lembaga keuangan harus dilakukan untuk memperluas akses pembiayaan pelaku usaha ultra mikro.

REALITAS TV

Menurutnya, kredit bagi pelaku usaha ultra mikro, otomatis akan berdampak pada naiknya tingkat inklusi keuangan masyarakat Indonesia.

“Belum semua penduduk Indonesia dapat menikmati akses jasa keuangan, dan sebagian di antaranya bisa jadi merupakan pelaku ultra mikro.

Padahal salah satu penentu keberlangsungan suatu usaha adalah kemampuannya memperoleh akses permodalan yang terjangkau,” katanya dalam pidato acara Perbankan dan Keuangan Sosial: Aspek Berkelanjutan untuk Kesejahteraan, Sabtu (13/3/2021).

Hingga 2019 lalu, tingkat inklusi keuangan masyarakat di Indonesia baru mencapai 76,19 persen. 

Angka ini dirasa masih kurang, dan perlu ditingkatkan dengan salah satunya melalui jalur pembiayaan secara luas kepada pelaku UMKM dan ultra mikro.

“Data menunjukkan, bahwa UMKM mendapatkan pembiayaan dari perbankan sebesar Rp1.091 triliun pada bulan Desember 2020, yaitu masih sekitar 25 persendari total kredit yang disalurkan oleh perbankan,” tutur Rofikoh.

UPDATE CORONA