YLBHI Kritik Keras Polisi Kerap Lakukan Penahanan Saat Tangani Perkara

oleh -129.489 views
YLBHI
Ilustrasi Tahanan

IDUL FITRI

Jakarta I Realitas – Praktik penahanan oleh polisi terhadap seorang tersangka masih marak dilakukan. Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) mencatat, bahwa praktik ini kerap dilakukan saat polisi tengah mengusut sebuah perkara, seakan-akan penahanan menjadi sebuah kewajiban.

BACA JUGA :   PJID Riau Bentuk Panitia Dalam Rangka Rapat Kerja Daerah

Wakil Ketua Bidang Advokasi YLBHI, Era Purnamasari menyebutkan, praktik penahanan ini bahkan kerap dikenakan terhadap perkara yang ancaman hukumannya di bawah lima tahun.

REALITAS TV

“Di dalam praktiknya, polisi itu cenderung pokoknya langsung menahan orang begitu ini ancamannya lima tahun. Nah itu langsung dilakukan penahanan seolah-olah ini mandatory, padahal ini tidak.

BACA JUGA :   CEO Elhanief Tour & Travel Divonis

Bahkan dalam temuan YLBHI itu juga penahanan terhadap kasus-kasus yang ancaman hukumannya di bawah lima tahun dan tak ada pengecualian,” kata Era saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (12/2/2021).

BACA JUGA :   Cegah Karhutla, Polresta Palangka Raya Ajak Peran Serta Pemilik Lahan

Padahal menurut ketentuan yang ada, kata Era, penahanan bukanlah sesuatu kewajiban. Mengacu pada Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), penahanan bisa dilakukan bilamana memenuhi kondisi tertentu.

UPDATE CORONA

Tentang Penulis: Editor Rahmad Wahyudi

Gambar Gravatar
Rahmad Wahyudi Adalah Wartawan di Media Realitas