Mencuri di Rumah Mantan Wagub Sumsel, Pemulung dan Pengepul Diangkut Polisi

oleh -57.489 views

IDUL FITRI

PALEMBANG I Realitas – Mencuri di Rumah Mantan Wagub Sumsel, Pemulung dan Pengepul Diangkut Polisi.

Penyidik Polsek Ilir Barat II menangkap dua pemulung yang mencuri di rumah mantan Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Ishak Mekki. Keduanya yakni Sopian (39) warga Talang Kerangga, 30 Ilir Palembang, dan Purwanto (44).

BACA JUGA :   WNA Mati Gantung Diri, Pihak Rudenim Tidak Dapat Dikonfirmasi

Kapolsek Ilir Barat II AKP M Ihsan mengatakan, komplotan spesialis pencuri di rumah milik Ishak Mekki di Jalan Cipto, Palembang.

UPDATE CORONA

“Seluruh pelaku ada lima orang. Dua pelaku yakni Okta dan Gede sudah ditangkap anggota Polrestabes Palembang dalam kasus pencurian di tempat lain, satu pelaku masih dalam pengejaran,” kata Ihsan, Rabu (7/10/2020).

Ihsan menambahkan, aksi pencurian ini terjadi pada Juni hingga September 2020. Pelaku Sopian melancarkan aksinya di siang hari karena rumah milik mantan Bupati OKI tersebut dalam keadaan tidak dihuni.

Kepada polisi, Sopian mengaku sudah empat kali mengambil barang barang di rumah itu. Menurutnya, saat melintas rumah tersebut sepi dan kosong sehingga menepikan gerobaknya.

“Barang-barang yang diambil diangkut menggunakan gerobak seperti kursi, pintu besi, pipa, seng aluminium, dan pancuran air,” kata dia.

Saat beraksi, lanjutnya, dia tidak menggunakan alat karena pintu sudah terbuka dan langsung masuk dan barang yang diambil dijual kiloan.

Sementara itu, pelaku Purwanto mengaku tidak mengetahui jika barang yang dibelinya hasil curian. Sebagai pengepul, biasa membeli barang bekas dari pencari barang bekas atau pemulung.

“Saya tidak tahu kalau besi dan alumunium yang dijual dia barang curian. Karena saya setiap harinya mengepul barang bekas dari pemulung dan pembeli bareng bekas,” kata Purwanto.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.(IN/Red)