46419 KALI DIBACA

8 Kadin se Aceh Akan Gelar Rapat Khusus Dukung KEK di Abdya

8 Kadin se Aceh Akan Gelar Rapat Khusus Dukung KEK di Abdya
example banner

 

Blangpidie | Realitas – Sebanyak delapan (8) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) akan menggelar rapat khusus untuk membahas bentuk dukungan terhadap wacana menjadikan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sebagai Kawasan Ekonomi Khusus di Pantai Barat Selatan Aceh.

Ketua Kadin Abdya, Hasrul Hasan, Kamis (25/7) membenarkan dalam waktu dekat akan menggelar pertemuan khusus dengan delapan Kadin di Aceh lainnya, guna membahas tentang langkah yang akan di tempuh untuk mengkampanyekan dukungan KEK tersebut.

“Kita akan duduk bersama dengan delapan Kadin lainnya di Aceh, untuk membahas bentuk dukungan menjadikan Abdya sebagai salah satu lokasi KEK,” kata Hasrul didampingi pengurus Kadin Abdya lainnya.

Selain duduk bersama, lanjut Hasrul, pihaknya juga akan mengundang Bupati Abdya dan Ketua DPRK untuk menandatangani MoU kesepakatan untuk mendukung KEK hadir di Abdya dan bentuk dukungan moral dari pihak dunia usaha di Abdya.

“Tapi sebelum itu, kita harus expo dulu tentang tata letak lokasi KEK Abdya yang mudah di jangkau,” sebutnya.

Menurutnya, rencana Pemerintah Aceh menjadikan KEK hadir dipantai Barat Selatan Aceh sangat patut di dukung, dua kabupaten yang direkomendasi Abdya dan Aceh Jaya. Dua lokasi tersebut, merupakan pilihan yang strategis. Namun, Kadin menilai Abdya lebih layak. Sebab, jika dilihat letak geografisnya, Abdya berada ditengah-tengah jika dihubungkan dengan sleuruh kabupaten/kota yang berada di kawasan Barat Selatan, termasuk kawasan tengah Aceh.

“Pasca Abdya direkomendasikan menjadi salah satu daerah yang akan ditempatkan KEK, kita langsung melakukan koordinasi dengan Kadin tingkat satu (Kadin Aceh) untuk menyuarakan dukungan KEK ditempatkan di Abdya,” tutur Hasrul

Hasrul menilai bahwa salah satu potensi yang besar di Abdya adalah untuk menjadikan pelabuhan mengangkut CPO. Kemudian, banyaknya aliran sungai dapat dikembangkan sebagai pembangkit listrik tenaga air. Ditambah lagi dengan Abdya ingin dijadikan sentral produksi pertanian dengan luas lahan yang cukup.

Tambahnya, ada dua keuntungan besar dengan hadirnya KEK, meliputi keuntungan komparatif dan kompetitif. Hal itu membuktikan bahwa Abdya punya potensi yang memenuhi kriteria untuk ditempatkan KEK. Apalagi KEK merupakan program pusat, sangat besar anggaran yang digelontorkan hingga triliunan rupiah.

“Kita berpesan, pemerintah bisa segera memacu untuk menggait pemerintah pusat menjadikan Abdya sebagai lokasi KEK,” demikian Hasrul. (Syahrizal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS