17619 KALI DIBACA

Pemko Langsa Akan Relokasikan Korban Kebakaran Dusun Tanjung Putus Ke Gampong Timang Langsa

Pemko Langsa Akan Relokasikan Korban Kebakaran Dusun Tanjung Putus Ke Gampong Timang Langsa

Langsa | Realitas – Pemerintah Kota (Pemko) Langsa akan melakukan relokasi tempat tinggal korbang kebakaran yang terjadi di Dusun Tanjung Putus, Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota, Selasa Siang (23/04/2019) kemarin ke Gampong Timang Langsa, Kecamatan Langsa Baro.

Demikian kabar terbaru yang berhasil di peroleh wartawan Media Realitas, langsung dari T. M. Taufiq, SSTP, MSP, selaku Camat Kota Langsa, Sabtu (27/4/2019) disalah satu cafe yang ada di kota Langsa.

Kemdatipun demikian, orang nomor satu diwilayah itu belum bisa menjadwalkan secara resmi terhadap proses pelaksanaan relokasi tersebut.

Helmi duduk diatas becak yang mengaku korban kebakaran di Gampong Jawa

 

Allhamdulillah, dalam proses relokasi tersebut tidak pemungutan dana, insyah Allah semuanya ditanggung oleh Pemerintah Kota Langsa, ucap Taufik menjawab pertanyaan yang diajukan wartawan.

Seraya dijelaskannya, adapun jumlah rumah yang kita relokasi tersebut sesuai data yang kita temukan dilapangan dengan jumlah yang ada hanya 8 Unit rumah saja.

Pantauan wartawan Media Realitas dilapangan, para korban kebakaran ini terkesan enggan untuk menempati tenda yang telah di sediakan oleh Pemerintah setempat sebagai tempat tinggalnya sementara.

Mereka lebih memilih menumpang ditempat saudara ataupun tetangga yang terdekat, sedang dilokasi tenda dimaksud, hanya ditempat oleh 3 KK (Kepala Keluarga) dengan jumlah jiwa 12 orang, terdiri dari orang tua, remaja, anak-anak dan balita.

Demikian pengakuan Helmi yang mengaku sebagai korban kebakaran kepada wartawan Realitas, dilokasi tenda yang disediakan oleh Pemko Langsa.

Sebelumnya Media ini memberitakan Selasa (23/04/2019), Sijago Merah Lalap 7 Rumah Warga Gampong Jawa Kota Langsa, Babinsa Kodim 0104/Atim Turun Tangan.

Babinsa Koramil 02/Langsa Kodim 0104/Aceh Timur yang dipimpin Serka Haris beserta Babinsa Ramil 02/Lgs, bantu memadamkan kebakaran yang terjadi di pemukiman padat penduduk, tepatnya di rumah Bapak Wardi yang beralamat di Dusun Tanjung Putus, Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa, Selasa Siang (23/04/2019).

Hal tersebut langsung di sampaikan oleh Babinsa kepada Danramil 02/Langsa Kapten Inf Widarmawan yang kemudian diteruskan ke Dandim 0104/Atim Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis sebagai laporan perkembangan situasi di wilayah binaannya, dimana telah terjadi Kebakaran yang menghanguskan 7 Rumah warga.

Tim Media Center 0104/Atim mendapat konfirmasi dari Danramil 02/Lgs bahwasanya kejadian kebarakaran tersebut diduga dilakukan oleh anak laki-laki dari Wardi sendiri, yang berinisial AI atau berjulukan ondon yang bertengkar dengannya, sehingga dengan kemarahannya, ondon membakar rumah orang tuanya sendiri, “ungkap Kapten Inf Widarmawan.

Kobaran api yang cukup marak saat itu tidak mudah ditangani oleh petugas Pemadam Kebakaran Kota Langsa, sehingga mengakibatkan 7 Rumah warga di sekitarnya turut ikut di lalap si Jago Merah, yakni Rumah Wardi (60 Thn) pekerjaan tukang becak, Syarifiddin (54 Thn) Tukang becak, Herman (46 Thn) Dagang, M Jamin (60 Thn) Petani, Heriati (40 Thn) Ibu Rumah Tangga, dan Ida (60 Thn) Dagang, “jelasnya.

Adapun hasil penjelasan tambahan dari warga sekitar, Ondon juga baru saja keluar dari Lembaga Pemasyarakatan kasus Narkoba kurang lebih 2 bulan lalu, sedangkan terjadinya pertengkaran antara mereka sampai saat ini belum diketahui akar permasalahannya, dan kasus ini telah ditangani langsung oleh Polsek Kota Langsa untuk mendapatkan penjelasan serta keterangan selanjutnya, “lanjutnya.

Dengan kerjasama antara Babinsa, Babhinkamtibmas, Damkar Kota Langsa beserta warga setempat akhirya api dapat dipadamkan sekitar pukul 15.45 Wib, alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, hanya di perkirakan korban materiil Rp. 350 Juta (Tiga Ratus Lima Puluh Juta Rupiah ), pungkas Danramil. (Effendi Musa)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS