16019 KALI DIBACA

Pasiter Kodim Pidie Bekali Peserta Perjusami Saka Wira Kartika Dengan Wawasan Kebangsaan

Pasiter Kodim Pidie Bekali Peserta Perjusami Saka Wira Kartika Dengan Wawasan Kebangsaan

Pidie | Realitas – Bertempat di desa Lhok Keutapang Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie, dalam rangka untuk memotivasi dan memompa semangat dalam mengikuti Perjusami Saka Wira Kartika, Perwira Seksi Teritorial Kodim 0102/ Pidie Kapten Inf Dwi Santosa memberikan Materi Wawasan Kebangsaan kepada peserta Perkemahan Jum’at Sabtu dan Minggu (Perjusami) yang diselenggarakan oleh Saka Wira Kartika Kodim 0102/ Pidie, Jum’at (26/04/2019).

Mengawali materinya, Kapten Inf Dwi Santosa mengingatkan agar para siswa-siswi pelajar selaku generasi penerus bangsa selalu mempunyai semangat untuk terus belajar serta tidak bosan ataupun malas untuk mengikuti kegiatan ekstra kulikuler Pramuka.

Karena didalam kegiatan pramuka ada banyak ilmu dan pengetahuan yang sangat bermanfaat serta akan dilatihkan kedisiplinan, kejujuran, ketangkasan dan juga jiwa korsa sesama teman.

Adapun Materi wawasan kebangsaan yang diberikan yang disampaikan Pasiter meliputi Wawasan kebangsaan dalam sudut pandang Pertahanan, Pancasila adalah ideologi terbuka yaitu nilai-nilai dasar yang terkandung dalam ideologi pancasila secara Riil berakar dan hidup masyarakat, Idealisme yaitu ideologi pacasila memberikan harapan tentang masa depan yang lebih baik, Fleksibilitas yaitu bahwa ideologi pancasila memiliki keluwesan yang memungkinkan pengembangan pemikiran.

Esensi nilai-nilai pancasila sesuai dengan UUD 1945 TAP MPR NO. II/MPR/1978.

a. Nilai religi, Memiliki nilai-nilai spiritual yang tinggi berdasarkan agama dan keyakinan yang dipeluk dan memiliki toleransi yang tinggi terhadap pemeluk agama dan keyakinan lain.

b. ‎Nilai Kekeluargaan, memiliki Nilai-nilai kebersamaan, senasib sepenanggungan dengan sesama warga negara tanpa membedakan asal-usul keyakinan dan agama.

c. ‎Nilai keselarasan, Memiliki kemampuan berdaptasi dan kemauan untuk memahami dan menerima budaya daerah ataupun kearifan lokal daerah lain.

d. Nilai kerakyatan, memiliki sifat keberpihakan kepada rakyat indonesia dalam merumuskan dan mengimplementasikan kebijaksanaan pemerintah negara yang datang dari rakyat untuk rakyat.

e. ‎Nilai keadilan, memiliki kemampuan untuk berbuat adil dengan seluruh rakyat tanpa terkecuali serta mampu meratakan kesejahteraan kepada semua warga negara.

Mengakhiri materinya Pasiter memberikan Penekanan terhadap Ideologi Pancasila sebagai dasar negara, falsafah berbangsa dan bernegara, serta mengingatkan dan menghimbau agar generasi penerus bangsa jangan tergiur dengan rayuan dan terlibat Narkoba, sebaliknya manfaatkanlah masa muda untuk terus belajar ilmu pengetahuan dan mengetahui sejarah perjuangan para pahlawan dan rakyat indonesia dalam memperoleh Kemerdekaan, supaya kita kenal dan cinta kepada Negara Indonesia. (Zoni Jamil)

Subscribe

MEDIA REALITAS