41219 KALI DIBACA

Luapan Sungai Banjiri Pemukiman Warga Di Abdya

Luapan Sungai Banjiri Pemukiman Warga Di Abdya
Foto: Realitas/Syahrizal Banjir luapan genangi sejumlah jalan raya di Abdya termasuk sejumlah pemukiman warga pada Sabtu malam (8/9/2018)
example banner

Blangpidie | Realitas – Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dan sekitarnya sejak sore tadi membuat luapan sungai yang berada disejumlah Kecamatan dalam Kabupaten setempat tidak terbendung.

Sehingga, sejumlah pemukiman warga terendam banjir luapan pada Sabtu malam (8/9/2018) sekira pukul 19.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB.

Selain menggenangi rumah warga, air juga menggenangi permukaan jalan nasional Blangpidie-Tapaktuan di kawasan Kecamatan Setia dan Tangan-Tangan.

Tinggi air rata-rata diperkirakan mencapai 40 cm.

“Kita belum tau pasti penyebab banjir, tapi besar kemungkinan akibat luapan sungai.

Karena selama ini jarang terjadi banjir di saat hujan,” kata Nahar, salah seorang warga Kecamatan Setia, yang sedang melintasi jalan tergenang banjir.

Nahar yang tinggal tak jauh dari lokasi jalan tergenang tersebut berpesan, agar pengendara berhati-hati pada saat melintasi kawasan itu.

Pasalnya, kali ini air cukup kencang.

“Untuk menghindari kecelakaan, kami berharap para pengendara untuk berhati-hati,” tuturnya singkat.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Amiruddin, kepada wartawan, secara terpisah menyebutkan, sedikitnya ada tiga Kecamatan di Abdya yang baru terpantau terkana dampak banjir akibat hujan deras disertai luapan air dari sejumlah sungai.

Luapan air telah menggenangi beberapa desa di Kecamatan Tangan-Tangan, Setia dan juga Blangpidie.

Kemudian juga terdapat beberapa ruas jalan raya yang tergenang air, sehingga membuat arus lalintas terganggu beberapa saat karena air cukup deras.

“Meski hanya dalam waktu dua jam, namun pengendara sempat kwalahan dengan genangan air dijalan raya tersebut,” ungkap Amir.

Untuk saat ini, lanjut Amir, pihaknya terus melakukan pemantauan disejumlah titik lokasi rawan banjir.

“Tim sudah kita kerahkan untuk memantau banjir. Laporan sementara ada tiga kecamatan yang mengalami banjir.

Paling berat di wilayah Kecamatan Blangpidie dan Setia,” sebutnya.

Selain itu, Amir menyebutkan, laporan sementara dari tim BPBK di lapangan, ada satu unit jembatan yang mengalami rusak parah di wilayah Desa Ujung Tanah, Kecamatan Setia.

“Untuk laporan lebih lengkapnya sedang kita siapkan dan akan kita laporkan langsung ke BNPB Pusat.

Untuk itu, kita menghimbau kepada masyarakat tetap waspada dan berhati-hati, terutama kepada pengendara agar memperlambat laju kendaraan, sebab jalan licin dan digenangi banjir,” demikian ujarnya.

Amatan dilapangan, meski sudah beransur surut, air masih menggenangi rumah warga hingga pukul 23.30 WIB. (Syahrizal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS