Beredar Isu Dugaan Pungli Perekrutan PPS dan PPK, YLBH Iskandar Muda Aceh Timur Buka Posko Pengaduan

oleh -265.579 views
Beredar Isu Dugaan Pungli Pada Perekrutan PPS DAN PPK, YLBH Iskandar Muda Aceh Timur Buka Posko Pengaduan

 GOOGLE NEWS

Aceh Timur | Realitas – YLBH Iskandar Muda Aceh Timur membuka posko aduan untuk mengakomodir masyarakat yang menjadi korban dugaan penipuan yang dilakukan oleh para calo yang mengiming-imingi akan melobi dalam meluluskan sebagai keanggotaan PPS dan PPK di bawah naungan KIP Aceh Timur.

Hari ini (24/01/2023) sudah kita buka posko aduan, dan untuk selanjutnya bagi masyarakat yang ingin melaporkan peristiwa pelanggaran-pelanggaran yang diduga dilakukan KIP dan yang diduga dilakukan para Calo maka dapat menghubungi contak wa 082124170609 – 082174393295.

Menurut Ketua YLBH Iskandar Muda Aceh Timur Riza Rahmad, kepada wartawan Media Realitas, Selasa (24/1/2023) mengatakan pihaknya perlu membuka posko aduan, guna mendampingi korban-korban, karena diduga jumlah masyarakat yang menjadi korban cukup banyak. Mereka ada yang menjual sepeda motor bekasnya, ada juga yang menjual ternaknya bahkan ada yang berhutang untuk membayar demi diluluskan ke PPS.

Beredar Isu Dugaan Pungli Pada Perekrutan PPS DAN PPK, YLBH Iskandar Muda Aceh Timur Buka Posko Pengaduan

Sejauh ini pihaknya telah menerima aduan dari beberapa pihak yang menyatakan sebagian oknum PPS dan PPK lolos dengan menyetor uang.

Selain itu, ada juga yang telah menyetor uang namun tidak lulus di PPK dan PPS, para korban mengakui menyerahkan uang untuk pihak komisioner KIP Aceh timur secara langsung ada juga yang menyerahkan melalui Calo, terkait hal ini pihak kami masih mendalami bukti-bukti supaya tidak timbul suatu fitnah dikemudian hari.

Riza menambahkan bahwa saat ini kita telah mengantongi enam nama calo PPS di masing-masing wilayah kecamatan, seperti kecamatan Pante Bidari inisial F, kecamatan Nurussalam inisial Z, kecamatan Darul Falah inisial M, kecamatan Julok inisial A, kecamatan idi Rayeuk inisial M, serta kecamatan Peureulak Timur inisial F dan Kecamatan Madat inisial M

Setelah semua bukti terkumpul pihak kami akan melaporkan para calo ke Kepolisian Daerah Aceh dan pihak Komisioer KIP Aceh Timur juga akan kita laporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), biar pihak tekait yang memutuskan benar atau tidaknya kejadian tersebut. (*)

Penulis : Rahmad Wahyudi

BACA JUGA :   Petani Diserang Harimau