IKLAN YARA

Tidak Ada Hak Dandim Verifikasi Wartawan Berkaitan Karya Jurnalistik

oleh -67.579 views
Tidak Ada Hak Dandim Verifikasi Wartawan Berkaitan Karya Jurnalistik
Senator Indonesia H.Sudirman

 GOOGLE NEWS

Jakarta | Realitas – Senator Indonesia H.Sudirman mengatakan, Dandim Aceh Barat Galau menghadapi Wartawan dalam pemberitaan BBM bersubsidi yang diduga melibatkan oknum anggotanya.

H.Sudirman alias Haji Uma anggota DPD RI asal Aceh mengemukakan di kompleks Parlemen Jakarta Pusat Senin, 26 September 2022.

Haji Uma membaca kegalauan dandim ini saat bertemu pimpinan media ini, berkaitan sikap dandim pada silaturrami dengan pers di Kota Meulaboh belum lama ini.

Kegalauan Komandan Kodim ini kata Haji Uma, mantan penyiar radio swasta Lhokseumawe ini, tercermin tatkala mengeluarkan beberapa statementnya di hadapan insan pers.

Beberapa ucapan dandim dinilai tidak relevan menuduh wartawan tidak kooperatif, tidak melakukan hak jawab dan tidak konfirmasi. Apa tidak salah? tanyanya lagi

“Bukankah sesuai pedoman UU 40/1999 tentang Pers, Reza A.Latif pada awal liputan pers tentang BBM bersubsidi ini telah melakukan konfirmasi berjenjang?” ujar pemilik radio Bukit Rata ini, bergeleng -geleng kepalanya ini.

Soal tuduhan ketidak hadiran wartawan melakukan verifikasi kepada kodim, ini juga bukan ranah Dandim untuk memanggil wartawan secara resmi maupun tidak.

Menyinggu tentang tuduhan wartawan tidak melakukan hak jawab.Nah, ini Dia?.Lebih aneh lagi kan?

Hak jawab itu milik publik atau pihak korban untuk melakukan klarifikasi terhadap hal yang belum jernih.

Menghadirkan pemilik alat berat pada acara silaturrami pers yang memutar balikkan fakta dengan keterangan sebelumnya(audio tertempel), bisa dituduh rekayasa penyebaran hoax serta tidak etis, apalagi mengkonfrontir. Pelaku hiaxnya dapat dijerat dengan UU ITE.

Sementara itu tambah Teungku Haji (panggilan akrap masyarat kepadanya), di mata hukum wartawan itu memiliki hak tolak.Jadi untuk apa menghadirkan wartawan segala, kilahnya dengan nada penuh keheranan.

Tak terkecuali seorang dandim, siapa warganya merasa tersudutkan melakukan hak jawab, tandasnya mengakhiri sambil membetulkan kacamata minusnya. (*)

BACA JUGA :   Kota Meulaboh Berhasil Tekan Angka Inflasi