PT Pertamina Akan Luncurkan Bahan Bakar Minyak Baru

oleh -657.579 views
PT Pertamina Persero akan luncurkan produk baru Pertamax yang dicampurkan 5% etanol
(Foto: HaloPedeka).

Jakarta | MEDIAREALITAS – Dalam waktu dekat ini PT Pertamina Persero akan luncurkan produk baru bioetanol. Bahan Bakar Minyak ini adalah Pertamax yang dicampurkan 5% etanol.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, nama produk baru tersebut akan disampaikan saat peluncuran, Senin (12/6/2023).

Fadjar belum menyampaikan tanggal peluncuran untuk produk tersebut. Meski begitu, dia mengatakan, produk ini akan memiliki research octane number (RON) 95.

Pertamina sendiri sebelumnya memiliki produk dengan RON 95 yakni Pertamax Plus. Diakui Fadjar, produk baru ini memiliki RON yang sama dengan Pertamax Plus tapi memiliki kandungan yang berbeda.

BACA JUGA :  Mobil-Motor Wajib Asuransi, DPR Klaim Demi Perlindungan Pemilik

“Iya secara oktan, hanya kandungannya yang beda,” katanya.

Senada, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menyebut, produk yang akan diluncurkan ini adalah brand baru.

“Ini adalah brand baru. Ini campuran BBM existing dengan etanol,” katanya.

Sebelumnya, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, transisi energi bukan sekadar hanya menurunkan karbon emisi, melainkan mewujudkan kemandirian energi. Oleh karena itu, pihaknya akan mengembangkan energi yang berbasis sumber daya alam Indonesia.

BACA JUGA :  Sistem Maskapai Penerbangan RI Telah Normal Usai Microsoft Down

Nicke kemudian mengatakan, Pertamina akan meluncurkan bioetanol pada bulan ini.

“Jadi nanti kita di bulan ini, nggak apa-apa ya Pak Alfian kita bocorin dulu, kita mau launching produk baru, yaitu bioetanol. Jadi Pertamax itu kita campur dengan etanol,” katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (6/6/2023) lalu. (*)

sumber: detik