IKLAN YARA

Pj Sekda Buka Secara Resmi Sosialisasi Organisasi dan Kelembagaan Koperasi

oleh -25.579 views
Pj Sekda Kabupaten Muara Enim
Foto Istimewa
Editor: Sumardi

 GOOGLE NEWS

Muara Enim | Realitas – Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim, H. Riswandar, S.H., M.H., Membuka Kegiatan Sosialisasi Organisasi dan Kelembagaan Koperasi Kabupaten Muara Enim Tahun 2022, bertempat di Griya Sintesa Muara Enim, Rabu (28/09/2022)

Pada kesempatan tersebut, Pj Sekda dihadapan 40 peserta sosialisasi menyampaikan ucapan selamat datang di Bumi Serasan Sekundang kepada kedua narasumber Direktur Pengembangan Potensi Daerah, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, serta Kepala Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Muara Enim.

BACA JUGA :   Antisipasi Kenakalan Remaja Polisi Berikan Edukasi ke Siswa-siswi

Dirinya menjelaskan bahwa Koperasi selaku wadah penggerak perekonomian masyarakat, oleh karenanya keberhasilan usaha Koperasi sangat bergantung pada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Dalam sambutannya Pj Sekda hadir bersama Kadin Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Husin Aswadi, S.E., M.M., mengatakan “peran serta pengurus dan pengelola koperasi sangatlah penting dalam menciptakan pengelolaan koperasi yang sehat dan dapat dikelola dengan baik, serta pembagian SHU-nya dapat meningkat disetiap tahun sehingga dapat memenuhi kebutuhan anggotanya,” ucapnya.

BACA JUGA :   Pemdes Sawarna Dwipa Laksanakan Pemilihan BPD Dengan Sukses

Dalam pengelolaannya koperasi diwajibkan memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) yang diterbitkan oleh Lembaga OSS yang merupakan bentuk perizinan secara elektronik, sehingga pengakuan serta legalitas usaha koperasi dapat diakui secara hukum.

Lebih lanjut Pj Sekda menuturkan “agar seluruh pengurus koperasi dapat memahami, mengimplementasikan dan menambah motivasi dalam memanfaatkan peluang-peluang yang ada,” harapnya.

Dirinya-pun berpesan kepada pengurus koperasi agar dituntut untuk mengoptimalkan potensi ekonomi, kemajuan teknologi dan bekerjasama dengan para pemangku kepentingan, baik antar-koperasi maupun BUMD dan BUMS yang ada di Kabupaten Muara Enim, mudah-mudahan melalui pelatihan ini koperasi di Kabupaten Muara Enim akan berkembang dengan baik, menjadi koperasi yang sehat dan dapat mensejahterakan anggotanya. (*)