IKLAN YARA

Usai Kalahkan Persita 2-0, Persebaya Jadi juara di Liga 1

oleh -11.579 views
Usai Kalahkan Persita 2-0, Persebaya Jadi juara di Liga 1
Pemain Persebaya Sho Yamamoto melakukan selebrasi bersama Higor Vidal usai mencetak gol ke gawang Persita dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Senin (1/8/2022) malam. (ANTARA/Moch Asim)
Editor: Rostani

Surabaya Realitas – Persebaya meraih gelar juara Liga 1 musim kompetisi 2022/2023 setelah mengalahkan Persita Tangerang dengan skor 2-0 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Senin malam.

Dua gol Persebaya dicetak oleh Sho Yamamoto dan Rizky Ridho masing-masing pada menit ke-23 dan 57.

Jalannya pertandingan, peluang pertama tim tuan rumah didapat melalui tembakan Silvio Junior pada menit ke-7 menggunakan tendangan jarak jauh Higor Vidal, namun justru itu. masih sempit di sebelah kanan gawang Persita yang dijaga oleh Dhika Bhayangkara.

Semenit berselang, tim tamu kaget dan langsung menciptakan peluang lewat sepakan Fergunzi di kotak penalti, namun tendangannya masih lemah dan berhasil diselamatkan kiper Persebaya Satria Tama.

Persita.Gol pembuka timGreen Forrcedicetak melalui Sho Yamamoto memanfaatkan tarikan Silvio Junior setelah bermain satu-dua dengan Brylian Aldama.

Pada menit ke-33, serangan balik Persebaya memaksa bek Persita Agustin Cattaneo menjatuhkan Arief Catur Pamungkas yang dibiarkan menghadap gawang.

Wasit Darma Santoso tanpa ragu mengeluarkan kartu merah karena menilai Cattaneo sebagai orang terakhir yang melanggar.

Meski bermain dengan 10 pemain, Persita terus berusaha menyamakan kedudukan, bahkan Elisa Basna mendapat peluang terbaik di menit ke-40, namun sepakannya dari luar kotak penalti masih membentur tiang gawang Satria Tama.

Pelatih Persita Alfredo Vera melakukan rotasi dengan menarik keluar Aburizal Maulana dan Elisa Basna satu menit sebelum babak pertama berakhir dan memasukkan Paulo Sitanggang dan Muhammad Rifqi.

Musim.Di babak kedua, Persita kembali merotasi pemainnya dengan memasukkan Fahreza Sudin menggantikan Wildan Ramdhani Nugraha.

Pelatih Persebaya Aji Santoso juga menyegarkan posisi gelandang dengan menarik keluar Brylian Aldama dan memainkan Risky Dwiyan.

Kurang dari lima menit berselang, Persebaya mendapat dua peluang emas berturut-turut, yang pertama melalui sundulan Sho Yamamoto dan tendangan keras dari pendatang baru Risky Dwiyan.

Pada menit ke-57, Stadion Gelora Bung Tomo kembali bergemuruh setelah Rizky Ridho berhasil merobek jala Persita melalui sundulan memanfaatkan sepak pojok Higor Vidal.

Menit 64, Supriyadi harus ditarik keluar setelah mengalami masalah pada kakinya dan digantikan oleh Ahmad Nufiandani.

Pada menit ke-67, Sho Yamamoto mendapatkan peluang terbaiknya melalui aksi individu, namun tendangan kerasnya membentur mistar gawang.

Di sepuluh menit terakhir, Aji Santoso memasukkan dua pemain mudanya, Deny Agus dan Julian Mancini, menggantikan Higor Vidal dan Silvio Junior.

Persita bukannya tanpa peluang di babak kedua, berkali-kali striker asingnya, Fergonzi, berusaha memperkecil kedudukan, namun pertahanan Persebaya yang disokong Rizky Ridho dan Riswan Lauhim gagal menerobos.

Hingga wasit meniup peluit panjang, skor tak berubah menjadi 2-0 dan membuat “Bajul Ijo” naik ke peringkat lima klasemen sementara dengan tiga poin. (*)

Sumber: antara