IKLAN YARA

Kodim 0404 Muara Enim Gelar Tanam Jagung Perdana

oleh -32.579 views
Kodim 0404 Muara Enim Gelar Tanam Jagung Perdana
Penulis: M Umar

 GOOGLE NEWS

Muara Enim | Realitas – Dalam Rangka HUT TNI Ke 77 Tahun 2022 Kodim 0404 Muara Enim Gelar Penanaman Jagung Rakyat Dengan Pola Kemitraan Dinas Ketahanan Pangan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Muara Enim untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan di Kabupaten Muara Enim yang di hadiri Pj. Bupati Muara Enim.

Kegiatan berlangsung di Desa Tanjung Karangan Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim Sumsel, Selasa (12/07/2022).

Pj. Bupati Muara Enim Kurniawan, A.P., M.Si. Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Muara Enim, menyampaikan apresiasi dan menyambut baik kegiatan penanaman jagung perdana dalam rangka pembinaan ketahanan pangan yang di gelar Kodim 0404 Muara Enim.

“Penanaman jagung perdana ini merupakan sebagai Pemantik atau Pemicu bagi masyarakat.

Negara punya program Ketahanan Pangan, Gubernur juga punya Program Kemandirian Ketahanan Pangan, dan Muara Enim dicanangkan sebagai kawasan Food Estate Lumbung Pangan Provinsi Sumsel, kita mencoba dari teman teman TNI dan Polri untuk menjadi motivator agar masyarakat juga ikut manfaatkan lahan tidur yang tidak produktif bisa di tanami jagung,” tutur Pj. Bupati saat diwawancarai.

BACA JUGA :   Antisipasi Kenakalan Remaja Polisi Berikan Edukasi ke Siswa-siswi

Lebih lanjut dikatakannya, “Peran dari Kabupaten akan menyediakan bibit jagung, dan hari ini dibuktikan oleh Pak Dandim 0404 Muara Enim, bersama jajaran TNI untuk menanam jagung di lahan ini yang bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Muara Enim, agar nantinya masyarakat dapat melihat, karena daerah kita ini sangat luas dan banyak sekali lahan lahan yang tidak produktif,” urainya.

“Jadi kegiatan ini sudah sesuai dengan Program Pemerintah, Program Nasional dan Program Gubernur Sumsel untuk kemandirian pangan, oleh sebab itu program ini akan kita tularkan ke semua Kecamatan, khususnya dalam rangka memanfaatkan lahan yang tidak produktif,” ujar Pj. Bupati Muara Enim.

Senada apa yang diucapkan Dandim 0404 Muara Enim Letkol Arh Rimba Anwar, S.I.P.,M.I.P didampingi oleh Danramil 404-5 Tanjung Enim Kapt. Czi Sujarwo mengucapkan terimakasih kelada Pj. Bupati Muara Enim yang telah menyempatkan hadir dalam acara Penanaman Jagung Rakyat Dengan Pola Kemitraan.

BACA JUGA :   Pemdes Sawarna Dwipa Laksanakan Pemilihan BPD Dengan Sukses

“Selama masih ada lahan tidur atau lahan tidak produktif yang bisa kita manfaatkan, maka kita akan manfaatkan untuk menanam palawija khususnya, sekarang ini kita mencoba menanam jagung,” tutur Dandim saat dibincangi.

“Kegiatan ini merupakan pemicu untuk membantu masyarakat dalam mengembangkan tanaman khususnya tanaman jagung, karena kendala di lapangan setelah berbicara dengan kelompok tani ataupun yang punya lahan memang kendala mereka itu bibit, dan yang kedua masalah penjualan hasil panennya, nah sekarang dengan program ini TNI, Pemerintah akan membahas dan menyelesaikan permasalahan itu, agar kelompok tani bisa bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat dalam meningkatkan perekonomiannya,” ujar Dandim

Dandim juga menambahkan, “Rencana perluasan untuk di Kabupaten Muara Enim ini ada sekitar 1600 Ha, tapi kalau lahan tidur dari TNI sendiri ada 52 Ha yang di bagi di 22 Kecamatan,” pungkasnya.

BACA JUGA :   Pemdes Sawarna Dwipa Laksanakan Pemilihan BPD Dengan Sukses

Sementara Riyanto selaku petani jagung saat dibincangi mengungkapkan”Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas semua bantuan yang diberikan kepada kami, mudah-mudahan Program ini dapat meningkatkan pendapatan kami dalam memenuhi kebutuhan,” ungkapnya.

Nampak Hadir dalam acara Pj. Bupati Muara Enim Kurniawan, A.P.,M.Si., Dandim 0404 Muara Enim Rimba Anwar, S.I.P.,M.I.P, Kapolres Muara Enim diwakili Kapolsek Tanjung Agung Akp. M Herry Irawan, SE, Anggota DPRD Muara Enim, Kajari Muara Enim, Para Kepala OPD, Camat Tanjung Agung Sahlan Akil, Camat Lawang Kidul Andrille Martin, Para Pejabat Kodim 0404 Muara Enim, Danramil 404-05 Tanjung Enim Kapt. Czi. Sujarwo, Unsur Tripika Kecamatan Tanjung Agung, Kades Tanjung Karangan Nasni Balqis, Para Penyuluh Pertanian Kecamatan, Tokoh Agama, Toko Adat, Tokoh Masyarakat, dan Ormas FKPPI 0604.05 Rayon Lawang Kidul. (*)